Bank Danamon Catat Pembiayaan KPM Prima Capai Hampir Rp 1 Triliun Per Agustus 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Danamon  Indonesia Tbk mencatatkan total disbursement Kredit Pemilikan Mobil (KPM) Prima, yaitu  produk pembiayaan kendaraan bermotor kolaborasi antara Danamon dengan Adira Finance sebagai anak perusahaan Danamon, mencapai hampir Rp 1 triliun hingga Agustus 2024, naik lebih dari 70% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

"Untuk tahun 2024, kami memperkirakan penyaluran KPM akan meningkat lebih dari 60%  dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun dari awal tahun hingga Agustus 2024 suku bunga acuan relatif tinggi," kata Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head Bank Danamon kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Bank Danamon pun optimistis pertumbuhan ini dapat di pertahankan dengan stabil sepanjang tahun ini. 


Baca Juga: Turunnya Bunga Acuan Diyakini akan Dongkrak Pertumbuhan Kredit Konsumer

Di sisi lain, meskipun BI telah menurunkan suku bunga acuannya, penurunan tersebut disebut Ivan tidak akan serta merta langsung berdampak pada penurunan suku bunga pinjaman yang ditawarkan oleh  bank kepada masyarakat.

Walau demikian, dengan adanya tren penurunan suku bunga ini, bersama dengan Adira Finance, pihaknya akan  mempertimbangkan untuk melakukan penyesuaian suku bunga agar dapat bersaing di pasar. 

"Selain itu, kami juga terus meningkatkan customer experience sebagai salah satu key factor dalam peningkatan bisnis KPM Prima," ujarnya.

Hingga 30 September 2024, bunga yang ditawarkan KPM Prima mulai 2,98% per tahun adalah bunga flat dan fixed selama masa pembiayaan, dengan skema konvensional maupun syariah serta asuransi  lengkap.

Baca Juga: BI Rate Turun Berdampak ke Margin Bunga Bersih Multifinance

Dalam menggenjot kredit KPM, Danamon terus  menerapkan berbagai strategi melalui pendekatan berbasis ekosistem untuk menarik  engaged customer di bidang otomotif dengan kolaborasi antara Danamon dengan grup perusahaannya.

Hal ini tercermin dalam  penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) Jakarta dan Surabaya tahun ini  dan hingga tahun 2026 nanti, keterlibatan Danamon dalam acara Adira Festival, dan DXPO by  Danamon di Jakarta pada tanggal 18-21 Juli 2024 serta di Makassar pada tanggal 22-25  Agustus 2024.

Selanjutnya: The Fed Bakal Kembali Pangkas Suku Bunga, DBS Beberkan Keuntungan untuk Indonesia

Menarik Dibaca: Cara Reset iPhone 12 untuk Mengatur Ulang agar Kembali Seperti HP Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi