Bank DKI Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan UMKM



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan terus mendorong peningkatan literasi dan inklusi keuangan digital. Bank DKI salah satu bank yang konsisten mendukung regulator untuk mencapai tujuan itu.

Terbaru, OJK bersama dengan International Labour Organization (ILO) melibatkan berbagai stakeholder serta industri perbankan menggelar forum bertajuk "Peran Sektor Finansial dalam Mendorong Pembayaran Upah Digital yang Bertanggung Jawab bagi UMKM di Indonesia”. Forum tersebut digelar sebagai upaya mengembangkan ekosistem keuangan yang inklusif dengan mendorong transisi pembayaran upah secara digital bagi pekerja di Indonesia.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Plt Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, literasi dan inklusi keuangan digital bagi UMKM termasuk pekerja di sektor tersebut merupakan poin penting untuk mendukung transisi pembayaran upah digital dan transisi dari ekonomi informal ke ekonomi formal.


Amirul memaparkan bahwa konsep literasi dan inklusi keuangan menjadi pilar utama dalam mendukung transisi keuangan digital. "Bank DKI juga menyoroti upaya berkelanjutan dalam pengembangan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman bagi para pelaku UMKM," kata dia dalam forum tersebut dkutip dari siaran pers Bank DKI, Minggu (10/12).

Baca Juga: BNI Siapkan Rp 22,02 Triliun Untuk Penuhi Kebutuhan Dana Tunai Nataru

Ia menegaskan keterlibatan dalam forum yang digelar OJK tersebut merupakan bentuk komitmen Bank DKI dalam memberikan pengetahuan yang berguna dan memberdayakan pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi keuangan yang inovatif.

Sebagai informasi, forum ini digelar sebagai wadah diskusi terhadap urgensi mendorong transisi kepada pembayaran upah digital, termasuk studi kasus yang berfokus pada hambatan dan solusi dalam transisi digital, terutama untuk sektor UMKM dan pekerja rentan di pedesaan, sektor informal, perempuan, dan pekerja migran. 

Workshop juga membahas strategi penyedia jasa keuangan dan pembayaran upah untuk mengembangkan solusi pembayaran upah digital yang mendukung perluasan akses pada produk dan jasa keuangan seperti tabungan, kredit, dan asuransi dengan fokus pada kebutuhan UKM dan pekerjanya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan transformasi digital merupakan langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

“Bank DKI berkomitmen untuk terus mendukung upaya menciptakan lingkungan keuangan yang inklusif, memperluas akses pada produk dan layanan keuangan, serta memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tutup Arie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk