Bank DKI Perkuat Layanan Digital Lewat Jakarta Tourist Pass



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Bank DKI tak henti melakukan inovasi dalam rangka memperkuat digitalisasi layanan perbankan. Teranyar, bank ini telah memperkenalkan Jakarta Tourist Pass sebagai solusi digital berbasis kartu elektronik  dan aplikasi untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan. 

Direktur Utama Bank DKI Agus H. Widodo mengatakan, Jakarta Tourist Pass dirancang untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan, seperti mengakses informasi destinasi populer, transportasi, pembayaran, serta layanan pariwisata lainnya di Jakarta.

“Insan Bank DKI akan terus bersemangat menghadirkan inovasi layanan perbankan dalam perwujudan capaian perusahaan untuk menjadi bank pilihan bagi masyarakat Jakarta,” kata Agus dalam keterangan resminya, Kamis (18/7).


Baca Juga: Nilai Transaksi Livin' Bank Mandiri Capai Rp 1.552 Triliun Per Mei 2024

Ia menambahkan, Bank DKI telah banyak menghadirkan inovasi produk dan layanan berbasis digital untuk perluasan aksesibilitas. Selain akarta Tourist Pass, bank ini sudah memiliki JakOne Mobile, pembayaran elektronik berbasis kartu JakCard, dan menghadirkan sistem keagenan JakOne Abank  untuk mendukung UMKM.

Selain itu, kata dia, Bank DKI juga terus memperkuat kolaborasi dala mengoptimalkan layanan digital, misalnya elektronifikasi pembayaran terintegrasi pada moda transportasi, tempat wisata kelolaan Pemprov DKI, digitalisasi pembayaran pasar kelolaan Perumda Pasar Jaya, hingga berbagai kolaborasi digital dengan BPD, BUMD dan entitas lainnya. 

Beragam inovasi yang dihadirkan tersebut bisa mendorong pertumbuhan bisnis perseroan. Kredit Bank DKI per April 2024 sudah  mencapai Rp 50,89 triliun, tumbuh sebesar 3,07% secara tahunan atau year on year (yoy). Bank ini masih sukses melakukan ekspansi di tengah tantangan kenaikan biaya dana yang dialami industri perbankan.

Baru-baru ini, Bank DKI berhasil mendapatkan penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II dari Investortrust atas capaian kinerjanya tahun 2023.

Baca Juga: Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI

Agus bilang, pencapaian tersebut akan memacu Bank DKI untuk terus menghadirkan produk dan layanan perbankan yang mampu menjawab kebutuhan perbankan bagi para nasabah dan mitra kerja Bank DKI.

Pumlah pengguna aplikasi JakOne Mobile Mobile banking Bank DKI per Desember 2023  mencapai 2,23 juta orang, tumbuh 12,11% secara tahunan. Volume dan nominal transaksinya masing-masing  29,62 juta dan  Rp 30,63 triliun. 

Adapun jumlah pengguna aplikasi JakOne Abank telah mencapai 4,99 ribu agen atau tumbuh 170,42% secara tahunan dengan volume transaksi sebesar 3,18 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp1,72 triliun. 

Sedangkan pengguna JakOne Merchant yang menyediakan layanan pembayaran secara real time dengan menggunakan QRIS per akhir 2023 mencapai 31,47 ribu merchant, tumbuh 101,39% YoY dengan volume transaksi sebesar 3,25 juta transaksi dan nominal transaksi mencapai Rp533,55 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk