Bank Jatim Cari Modal Tambahan



JAKARTA. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur berencana menambah modal tahun depan.

Muljanto, Direktur Utama BPD Jatim, mengatakan penambahan modal dilakukan untuk mengimbangi ekspansi kredit di tahun 2010. Target BPD Jatim pada tahun depan pertumbuhan kredit bisa meningkat sekitar 20%. "Sampai akhir tahun ini diperkirakan total outstanding kredit mencapai Rp 10 triliun lebih sedikit," ujarnya, Jakarta, Senin (20/12).Untuk itu, Bank Jatim akan menambah modal untuk menjaga agar rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) tetap bertahan di level 18% - 20%.

Hingga saat ini Bank Jatim belum memastikan cara untuk penambahan modal. "Kalau dengan cara mendapatkan fresh money dari pemegang saham akan sulit,"imbuhnya.


Alternatif lain, menurut Muljanto, adalah dengan melakukan menumpuk dividen. Tapi cara inipun masih perlu dipikirkan, karena aturan dalam Undang-undang (UU)-nya masih belum jelas.

Sedangkan alternatif lain menurut Muljanto adalah dengan menerbitkan utang subordinasi alias subdebt. "Hanya saja kalau subdebt pertimbangannya adalah kami harus memberikan bunga atau pricing kepada para investor," ujarnya.

Muljanto juga bilang, pihaknya Januari depan akan mendiskusikan kemungkinan untuk menawarkan saham perdana ke publik alias Initial Public Offering. "Berapa target yang kami butuhkan untuk menambah modal masih akan dibahas Januari tahun depan," ungkapnya.

Saat ini Bank Jatim masih fokus dalam agenda tutup buku di akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar