JAKARTA. Bank dengan kategori kecil atau bermodal di bawah Rp 1 triliun, tidak mampu menyelenggarakan layanan kartu debet berbasis cip. Apalagi, layanan tersebut masih cost center karena fee yang didapat tidak bisa menutup biaya pengeluaran. Pernyataan tersebut diutarakan Edy Kuntardjo, Direktur Utama Bank Ina Perdana kepada KONTAN, Rabu (25/3). "Migrasi kartu debet juga membutuhkan biaya investasi atau budget besar seperti biaya upgrade mesin ATM, dan juga biaya pemeliharaan oleh principal," terang Edy. Edy merinci, biaya pemeliharaan oleh principal mencapai Rp 55 juta per bulan. Belum lagi ada biaya switching sebesar Rp 220 juta, dan biaya lainnya. "Jadi, era digital memang butuh bank dengan modal yang kuat," imbuh Edy. Meski begitu, Edy mengaku, Bank Ina sebagai salah satu bank kecil harus mengakomodir ketentuan dari regulator. Saat ini, Bank Ina memiliki sekitar 15 ribu kartu debet. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Bank kecil tak mampu implementasi kartu debet cip
JAKARTA. Bank dengan kategori kecil atau bermodal di bawah Rp 1 triliun, tidak mampu menyelenggarakan layanan kartu debet berbasis cip. Apalagi, layanan tersebut masih cost center karena fee yang didapat tidak bisa menutup biaya pengeluaran. Pernyataan tersebut diutarakan Edy Kuntardjo, Direktur Utama Bank Ina Perdana kepada KONTAN, Rabu (25/3). "Migrasi kartu debet juga membutuhkan biaya investasi atau budget besar seperti biaya upgrade mesin ATM, dan juga biaya pemeliharaan oleh principal," terang Edy. Edy merinci, biaya pemeliharaan oleh principal mencapai Rp 55 juta per bulan. Belum lagi ada biaya switching sebesar Rp 220 juta, dan biaya lainnya. "Jadi, era digital memang butuh bank dengan modal yang kuat," imbuh Edy. Meski begitu, Edy mengaku, Bank Ina sebagai salah satu bank kecil harus mengakomodir ketentuan dari regulator. Saat ini, Bank Ina memiliki sekitar 15 ribu kartu debet. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News