Bank Mandiri akan lepas 20% saham di Mandiri AXA General Insurance



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berencana melepas kepemillikannya di PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Targetnya, aksi ini bisa dilakukan tahun depan.

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menyatakan pelepasan saham milik Bank Mandiri di MAGI akan dilakukan secara bertahap hingga Bank Mandiri bisa melepas seluruh kepemilikannya.

“Untuk general insurance, kami akan melepaskan seluruh kepemilikan saham di MAGI secara bertahap,” katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (13/8).

Baca Juga: Bisnis wealth management Bank Mandiri tumbuh 14,5% per Mei 2019

Aksi ini merupakan lanjutan dari aksi serupa yang dilakukan bank berlogo pita emas ini pada akhir 2018 lalu. Kala itu Bank Mandiri menjual 276.000 sahamnya atau setara 66,67% dari kepemilikan Bank Mandiri sebelumnya yang mencapai 414.000 saham.

Dengan penjualan tersebut, pemilik saham MAGI lainnya yaitu AXA Asia jadi mengempit 552.000 saham atau setara 80% kepemilikan total MAGI. Sedangkan kepemilikan Bank Mandiri tersisa 20%.

“Meskipun melepas kepemilikan di MAGI, kerjasama terkait bancassurance akan tetap berlanjut. Karena bisnis wealth management tidak terkait langsung terkait kepemilikan kami di sana,” lanjut Hery.

Sebagai tambahan, hingga Juni 2019 Bank Mandiri telah berhasil mengelola dana wealth management, termasuk yang berasal dari lini bancassurance hingga Rp 205 triliun. Dari dana tersebut, per tahunnya Bank Mandiri berhasil meraup pendapatan komisi hingga Rp 700 miliar.

Hingga akhir tahun, Bank Mandiri meraih pertumbuhan dana kelolaan sebesar 8%-10% dengan pertumbuhan pendapatan komisi mencapai 12%-14%.

Editor: Herlina Kartika