KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri (Persero) membidik transaksi pada Festival Diskon Nasional 2021 (FDN 2021). Aquarius Rudianto selaku Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri menyatakan Kegiatan FDN 2021 dilaksanakan selaras dengan Misi Bangga Buatan Indonesia. Sebagai gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM dengan memaksimalkan penjualan produk-produk lokal yang dilakukan dengan kegiatan kurasi & digitalisasi UMKM. "Mengutamakan produk UMKM dalam pengadaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah, serta mendorong rasa cinta produk lokal oleh masyarakat yang diharapkan mampu mendorong percepatan kebangkitan ekonomi,” kata Aquarius yang berperan sebagai koordinator FDN 2021 dalam keterangan tertulis pada Rabu (1/12).
Kegian ini bertujuan untuk mendorong minat masyarakat untuk berbelanja produk lokal serta mempromosikan berbagai produk lokal ternama serta hasil kreasi Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) di DKI Jakarta.
Baca Juga: Dorong 500 UMKM lakukan eskpor, BRI targetkan nilai transaksi capai US$ 65 juta Loto Srinaita Ginting selaku Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN menyatakan acara yang akan terselenggara mulai 1 - 31 Desember 2021 secara
hybrid. Kegiatan ini akan menjadi salah satu ajang promosi terbesar yang dilaksanakan di berbagai
merchant baik konvensional maupun
online serta menitikberatkan pada titik ikonik DKI Jakarta yang menjadi titik pusat sentral. "Dimana kolaborasi, kegembiraan, bisnis lokal dan pembeli bersatu untuk menggerakkan roda perekonomian Masyarakat,” ungkap Loto yang juga merupakan ketua tim pengarah Festival Diskon Nasional 2021. FDN 2021, sebagai rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang diusung Pemerintah, merupakan program penutup akhir tahun pada rangkaian kegiatan BBI yang dijalankan oleh Kementerian BUMN selaku Campaign Manager Gernas BBI dan merupakan hasil sinergi berbagai Kementerian yang dikoordinasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia. Kementerian BUMN dalam kesempatan ini berkolaborasi dengan Bank Mandiri dalam pelaksanaan kegiatan FDN kali ini yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk membawa ekonomi Indonesia dapat keluar dari tekanan pandemi Covid-19. FDN 2021 berkolaborasi dengan idEA (Indonesia E-Commerce Association) melalui penyelenggaraan “Hari Belanja Online Nasional” (Harbolnas) pada 11-12 Desember 2021. Tak terbatas pada produk yang dijual secara online, Festival Diskon Nasional 2021 juga menggandeng HIPPINDO (Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) dengan mensinergikan program “Hari Belanja Diskon Indonesia” (HBDI) khususnya pada Anggota HIPPINDO yang berada di DKI Jakarta.
Baca Juga: OJK dorong fintech P2P lending jalin kerjasama dengan e-commerce FDN 2021 turut didukung oleh berbagai mitra kolaborasi yakni Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kemenparekraf, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dekranas, iDEA, Sarinah, Munik, Hippindo, Jakarta Creative City Forum (JCCF) dan Bank Mandiri. FDN 2021 mengikutsertakan 12 BUMN, lebih dari 50
e-commerce, lebih dari 1,000 Pengusaha Lokal, lebih dari 50 ribu UMKM, dan 4 penyelenggara Uang Elektronik. Dalam seluruh rangkaian program FDN 2021, masyarakat akan menikmati berbagai program dan penawaran menarik baik dalam bentuk program diskon khusus maupun
cashback yang akan dikemas secara Online dalam bentuk Flash Sale, Live Shopping, Virtual Expo dan Webinar serta Offline dalam bentuk FDN Market, Pop Up Store, serta in store promotion tentunya dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Tendi Mahadi