JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bekerjasama dengan PT Modern PutraIndonesia (7-Eleven) untuk memperluas jaringan elektronik. Selain pemasangan Electronic Data Capture (EDC) di outlet 7-Eleven, Bank Mandiri juga akan menempatkan mesin ATM serta mengelola transaksi keuangan 7-Eleven melalui Mandiri Cash Management. Director of Commercial & Business Banking Bank Mandiri Sunarso menjelaskan bank Badan Usaha Milik negara (BUMN) ini akan terus memperkuat jaringan elektronik untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan. “Penguatan jaringan ini juga dapat mendorong pertumbuhan transaksi nasabah melalui jaringan elektronik Mandiri, sehingga nantinya kami bisa menjadi pemain utama dalam transactional banking di Tanah Air,” tutur Sunarso .
Sampai akhir Agustus 2011, jaringan elektronik Bank Mandiri telah dilengkapi 8.960 ATM, yang tersambung ke lebih dari 21.000 jaringan ATM Link dan 30.000 jaringan ATM bersama serta 68.034 unit Electronic Data Capture. Upaya penambahan jaringan itu mampu meningkatkan transaksi melalui jaringan elektronik hingga mencapai 24,85 juta transaksi hingga bulan Agustus 2011 atau tumbuh 30 % dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sunarso optimis, kerjasama dengan 7-Eleven ini dapat mendukung peningkatan transaksi elektronik Bank mandiri pada tahun ini. Mengingat, rata-rata jumlah transaksi di setiap outlet 7-Eleven mencapai lebih dari 1.000 transaksi per hari. Bank Mandiri juga akan mengelola transaksi keuangan 7-Eleven dengan layanan cash management, virtual account dan cash pick up service untuk meningkatkan efisiensi operasional, sehingga mampu mendukung ekspansi usaha 7-Eleven di Indonesia. Diprediksi, sepanjang 2011 permintaan produk makanan dan minuman akan meningkat seiring pertumbuhan ekonomi dan konsumsi domestik yang menguat. Pemerintah pun menargetkan pertumbuhan sektor industri ini sebesar 7,9% sampai akhir tahun 2011. Kinerja industri ritel tahun 2011 juga diperkirakan akan lebih baik dengan peningkatan omzet dapat mencapai 15% di tahun ini.