Bank Mandiri Optimistis Kinerja Kredit Konsumer Tumbuh Seiring Penurunan Suku Bunga



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) optimistis kinerja kredit konsumer akan tetap melanjutkan pertumbuhan seiring dengan pemulihan ekonomi, turunnya bunga acuan dan dukungan dari kebijakan insentif pemerintah. 

SVP Consumer Loans Bank Mandiri Dessy Wahyuni menargetkan, penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di tahun 2024 bisa tumbuh double digit, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan tahun lalu ataupun industri.

"Sejalan dengan KPR, untuk kredit kendaraan bermotor (KKB) diharapkan dengan penurunan suku bunga ini juga dapat menjadi insentif penambahan penyaluran kredit baru di kuartal IV-2024," ungkap Dessy kepada kontan.co.id, Jumat (27/9).


Adapun, hingga kuartal II-2024, portofolio kredit konsumer Bank Mandiri mencatatkan, kinerja yang positif dengan realisasi mencapai Rp 115,89 triliun. Jumlah itu naik 9,02% YoY dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Dessy menjelaskan, secara realisasi, KPR masih on track sesuai target yang ditetapkan Bank Mandiri dan tetap menjadi top 3 player di Indonesia. Adapun untuk KKB, Bank Mandiri juga terus menjaga untuk tetap menjadi salah satu dominan player dengan market share di double digit.

Baca Juga: Bank Mandiri Suntik Modal ke KPEI Untuk Pengembangan Transaksi Derivatif Suku Bunga

Dalam menggenjot kredit konsumtif, Bank Mandiri fokus menumbuhkan portofolio kredit konsumtif, baik KPR maupun KKB, yang berbasis ekosistem wholesale sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan didukung oleh pemahaman target market yang kuat.

Untuk Bunga KPR yang ditawarkan Bank Mandiri sangat bervariatif, mulai dari 2,7% fixed 3 tahun sampai dengan 8,99% fixed 10 tahun dengan promo diskon biaya yang menarik.

Adapun untuk bunga KKB mulai dari 2,66% (flat p.a.)  untuk tenor 1 tahun hingga 4,56% (flat p.a.) untuk tenor 5 tahun.

 
BMRI Chart by TradingView

Selanjutnya: Dukung Susu Ikan, Menteri KKP Sebut Protein Ikan Lebih Tinggi Dibanding Non Ikan

Menarik Dibaca: Kumpulan Ucapan Hari Jantung Sedunia 2024 untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari