Bank Mandiri salurkan kredit UMKM Rp 133 triliun



JAKARTA. Layanan pemberian kredit untuk pengusaha kecil makin besar. Selain fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), pengusaha sektor mikro, kecil, dan menengahjuga bisa mendapatkan pinjaman dari perbankan. Apalagi, bank terus mendorong penyaluran kredit di sektor yang disebut-sebut tahan banting terhadap krisis keuangan ini.

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, realisasi kredit UMKM hingga tahun lalu sebesar Rp 133 triliun. Angka itu setara dengan 33% dari total kredit yang mencapai Rp 405 triliun.

Pertumbuhan kredit UMKM ini, menurut Budi, mencapai 22%, lebih tinggi ketimbang pertumbuhan kredit sektor korporasi dan konsumer. "Laju kredit korporasi sebesar 12%," ujarnya.


Lantaran pertumbuhannya pesat, perseroan akan tetap mendorong penyaluran kredit UMKM. Tahun ini, bank pelat merah berlogo pita emas itu menargetkan penyaluran kredit UMKM tumbuh di atas 20%. 

"Ini lebih tinggi dari pertumbuhan kredit secara keseluruhan sebesar 17%," jelas Budi.

Dia menambahkan, tingginya laju kredit UMKM ini untuk mendorong jumlah wirausaha baru di tahah air. Sebab, Indonesia berpotensi menjadi negara maju jika memiliki jumlah wirausaha 2% dari total penduduk. Hingga saat ini jumlah pelaku UMKM baru mencapai 1,65% dari total penduduk Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia