Bank Mandiri siapkan Rp 3,5 triliun untuk Natal dan Tahun Baru



JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (Perseroan) atau Bank Mandiri menyiapkan Rp 3-3,5 triliun pada satu minggu sebelum Natal untuk memenuhi kebutuhan dana masyarakat menyambut perayaan Natal 2010 dan Tahun Baru 2011.

Direktur Teknologi dan Operasi Bank Mandiri Kresno Sediarsi mengatakan sebesar 35 persen penyebaran uang tunai di lakukan di wilayah Jabodetabek. Demikian pula beberapa cabang Bank Mandiri tetap akan beroperasi pada libur dan cuti bersama 2010 untuk melayani transaksi setoran BBM/Non BBM pelanggan PT Pertamina.

Dana yang disiapkan rata-rata sebesar Rp 1,3 triliun atau mengalami kenaikan sebesar 20-25 persen dari hari biasa. "Kami telah menyiapkan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan supplies, infrastruktur, dan sistem operasional ATM," kata Kresno dalam rilisnya ke Tribunnews.com di Jakarta, Minggu (26/12/2010).


Bank Mandiri memperkirakan transaksi ATM selama libur Natal dan Tahun Baru 2011 adalah sebanyak 22 juta transaksi. Penyediaan uang di seluruh ATM Bank Mandiri dilakukan para pegawai cabang Mandiri yang bertugas dengan dukungan mitra kerja Bank Mandiri. "Kami memastikan seluruh operasional layanan ATM tetap terjaga, karena kami telah menggunakan Software Cash Management yang bisa memantau pola transaksi untuk hari biasa dan hari libur," ujar Kresno.

Saat ini nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi melalui 6400 ATM Mandiri, yang tersambung dalam jaringan ATM Link sebanyak 15 ribu ATM, dan 22 ribu jaringan ATM Bersama.

Jumlah ATM Mobile yang beroperasi selama musim libur natal dan tahun baru 2011 sebanyak 20 unit yang tersebar di beberapa kota seperti satu unit mobile ATM di Medan, Pekanbaru, Batam, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makasar dan Denpasar. Di Jakarta, ATM Mobile yang disiagakan sebanyak 6 unit, sementara di Bandung dan Surabaya masing-masing 2 unit ATM Mobile.

Selain itu, Mandiri juga menyediakan layanan 24 jam lainnya selain Mandiri ATM yaitu Mandiri SMS, Mandiri Mobile, Mandiri Internet dan Mandiri Call atau Phone Banking. Mandiri Call 14000 melayani nasabah 7 X 24 jam sepanjang tahun termasuk pada periode libur Natal dan Tahun Baru, baik layanan melalui phone banking secara otomatis maupun layanan melalui Staff, melalui Mandiri SMS dan Mandiri Internet nasabah dapat pula menikmati layanan perbankan kapanpun dan dimanapun.

Dikatakan seluruh layanan perbankan 24 jam ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman berupa Informasi rekening, Transaksi Transfer, Transaksi Pembayaran Listrik, Air, Telepon/Handphone, Kartu Kredit, Tiket Pesawat dan Kereta Api, Pajak, Pendidikan, Asuransi, Televisi Berlangganan, Internet, Pembelian isi ulang Pulsa.

Hasanuddin Aco, Tribunnews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: