Bank Muamalat Akuisisi 400 Rekening Baru per Hari dari Aplikasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mencatat tingkat retensi atau retention rate aplikasi mobile banking Muamalat DIN meningkat dua kali lipat. Per Juni 2024, tingkat retensi dari nasabah baru yang menggunakan Muamalat DIN sekitar 42%.

Tingkat retensi adalah indikator penting untuk mengukur kesuksesan sebuah aplikasi digital dalam mempertahankan penggunanya. 

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa nasabah Bank Muamalat semakin betah dan nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut.


“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tingkat retensi Muamalat DIN masih di kisaran 20%. Sekarang sudah di atas 40%. Artinya, nasabah yang telah mengunduh Muamalat DIN dan tetap menggunakannya secara aktif terus meningkat dari hari ke hari,” ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (24/7).

Baca Juga: PP Muhammadiyah Rajin Kerjasama dengan Beberapa Bank Pasca Cabut dari BSI

Dedy menyebut faktor peningkatan tersebut antara lain karena kemudahan untuk membuka rekening serta fitur-fitur yang ada di Muamalat DIN semakin lengkap dan sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Selain itu, data yang dimiliki oleh Bank Muamalat juga menunjukkan bahwa loyalitas pengguna baru Muamalat DIN terus meningkat. Hal ini ditandai dengan tren peningkatan jumlah nasabah baru yang melakukan transaksi lebih dari 10 kali setiap bulannya.

Saat ini, jumlah fitur Muamalat DIN tercatat lebih dari 200 fitur dengan jumlah pengguna sudah berhasil menembus angka lebih dari setengah juta. Fitur yang paling banyak digunakan oleh nasabah adalah top up uang elektronik, diikuti oleh transfer online, pindah buku, transfer BI FAST, pembayaran QRIS dan pembayaran Ziswaf.

Muamalat DIN juga sudah dilengkapi dengan fitur Customer On Board dimana calon nasabah Bank Muamalat dapat membuka rekening baru melalui aplikasi Muamalat DIN di smartphone tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Baca Juga: Bank Muamalat dan BMM Salurkan Beasiswa Pendidikan

Per Juni 2024, pembukaan rekening secara online via Muamalat DIN telah mencapai rata-rata lebih dari 400 rekening per hari.

Fitur tersebut membuat semua proses pembukaan rekening dapat dilakukan dari mana saja secara online mulai dari pengisian data pribadi, pemilihan produk tabungan, hingga verifikasi data diri secara elektronik alias electronic know your customer (e-KYC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi