Bank Muamalat dan BMM Salurkan Beasiswa Pendidikan



KONTAN.CO.ID - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk melalui Lembaga Amil Zakat Nasional Baitulmaal Muamalat (BMM) memberikan beasiswa pendidikan kepada pelajar dan mahasiswa di 70 instansi pendidikan. Total beasiswa yang disalurkan senilai Rp700 juta.

Direktur Bank Muamalat Karno mengatakan, kriteria utama penerima beasiswa ini adalah para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu. Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk ikhtiar perusahaan untuk membantu para pelajar agar dapat menyelesaikan studinya.

“Sebagai bank pertama murni syariah di Indonesia kami tidak hanya fokus pada aspek bisnis, tetapi juga harus dapat memberikan manfaat kepada umat. Oleh karena itu, kami melaksanakan program beasiswa ini dengan harapan dapat meringankan beban biaya pendidikan para pelajar dan mahasiswa yang masuk dalam kategori tidak mampu,” ujarnya.


Sementara itu, Direktur Eksekutif BMM Novi Wardi menambahkan, beasiswa ini diberikan kepada para pelajar dan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga perguruan tinggi. Adapun instansi pendidikan yang pelajar atau mahasiswanya akan diberikan beasiswa ditentukan oleh kantor regional Bank Muamalat yang tersebar di 7 wilayah di Indonesia.

Para pelajar dan mahasiswa tersebut juga harus memiliki prestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik, serta tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain. Khusus untuk mahasiswa, harus memiliki Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK minimal 2,75 dan aktif berorganisasi.

“Selain diberikan beasiswa, kami juga melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para penerima. Dengan harapan agar para penerima dapat terjaga semangat belajarnya dan dapat lulus tepat waktu menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,” katanya.

Sebelumnya, Bank Muamalat dan BMM juga telah meluncurkan program Beasiswa Sarjana Muamalat yang diberikan kepada lebih dari 600 mahasiswa di 78 perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia. Selain itu, pada tahun lalu telah dilaksanakan juga program beasiswa pendidikan untuk anak karyawan Bank Muamalat.

Tentang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk merupakan pionir perbankan syariah di Indonesia, didirikan pada 1 November 1991 yang digagas oleh MUI, ICMI, serta beberapa pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Indonesia.

Sejak beroperasi pada 1 Mei 1992, perseroan terus berinovasi dengan menghasilkan program dan layanan unggulan. Kartu Shar-E Gold Debit Bank Muamalat menjadi kartu chip bank syariah pertama di Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi bebas biaya, pada jutaan merchant di seluruh dunia. Bank Muamalat juga meluncurkan kampanye #AyoHijrah yang mengajak masyarakat hidup berkah dengan menggunakan layanan keuangan yang sesuai dengan syariat.

Per tanggal 15 dan 16 November 2021 Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Muamalat setelah menerima hibah saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group. Dengan demikian, total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat menjadi 82,66%. Selain BPKH, saham Bank Muamalat juga dimiliki oleh IsDB sebesar 2% dan pemegang saham lainnya dengan porsi sebesar 15,3%.

Baca Juga: Bank Muamalat &Muhammadiyah Serang Jalin Kerja Sama,Fasilitasi Buka Rekening Serentak

Selanjutnya: Indonesia's President Appoints Prabowo's Nephew as Deputy Finance Minister

Menarik Dibaca: Resep Chicken Teriyaki Pakai Paha Ayam Fillet dengan Kulit, Makin Gurih dan Empuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti