Bank Muamalat dan Universitas Muhammadiyah Kupang, Sinergi Layanan Perbankan Syariah



KONTAN.CO.ID - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Muhammadiyah Kupang terkait kerja sama dalam lingkup pemanfaatan produk pendanaan, pembiayaan dan jasa perbankan syariah serta pengembangan pendidikan. Universitas Muhammadiyah Kupang merupakan Amal Usaha dari PP Muhammadiyah.

Sebelumnya, Bank Muamalat dan PP Muhammadiyah telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan dua lingkup kerja sama. Pertama adalah pemanfaatan jasa, layanan dan program corporate social responsibility Bank Muamalat untuk pengembangan cabang, ranting dan masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah. Kedua adalah kolaborasi program antara Bank Muamalat dengan lembaga zakat nasional milik Muhammadiyah, Lazismu.

Direktur Bank Muamalat Karno mengatakan, kolaborasi ini mencakup kerja sama untuk pengelolaan keuangan di Universitas Muhammadiyah Kupang. Selain itu, disepakati juga kerja sama untuk produk simpanan, pembiayaan cash management system (Madina), payroll dan layanan perbankan lainnya milik Bank Muamalat.


“Segmen pendidikan merupakan salah satu fokus bisnis kami saat ini. Oleh karena itu, sebagai pionir bank syariah di Tanah Air kami siap memberikan layanan yang komprehensif untuk mendukung segmen tersebut,” ujarnya.

Cash Management System (CMS) Madina milik Bank Muamalat merupakan salah satu layanan yang ditawarkan kepada Universitas Muhammadiyah Kupang, memberikan layanan transaksi perbankan secara real time. Layanan ini bisa digunakan diantaranya untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi dengan sistem pendidikan, mulai dari penggunaan virtual account untuk pembayaran uang kuliah, mempermudah transaksi hingga dokumentasi mutasi rekening yang lebih simpel dan cepat.

Selain itu, Bank Muamalat juga akan menawarkan layanan payroll untuk pegawai Universitas Muhammadiyah Kupang. Sebagai informasi, saat ini Bank Muamalat sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai Bank Penyalur Gaji Rekening ASN (BPG ASN) serta telah menjadi bank umum mitra pengelola rekening pengeluaran kementerian/lembaga negara.  

Program Giro Berhadiah Bank Muamalat juga turut diperkenalkan. Melalui program ini, nasabah giro non-individu bisa mendapatkan beragam hadiah dengan mengendapkan dananya dalam bentuk saldo rata-rata dalam jumlah dan periode tertentu.

Dalam hal pengembangan sumber daya manusia, Bank Muamalat memberikan kesempatan bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang untuk mengikuti program magang melalui program MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten). MIKO merupakan program magang yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa tingkat akhir untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat.

Tentang PT Bank Muamalat Indonesia Tbk

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk merupakan pionir perbankan syariah di Indonesia, didirikan pada 1 November 1991 yang digagas oleh MUI, ICMI, serta beberapa pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Indonesia.

Sejak beroperasi pada 1 Mei 1992, perseroan terus berinovasi dengan menghasilkan program dan layanan unggulan. Kartu Shar-E Gold Debit Bank Muamalat menjadi kartu chip bank syariah pertama di Indonesia yang dapat digunakan untuk bertransaksi bebas biaya, pada jutaan merchant di seluruh dunia. Bank Muamalat juga meluncurkan kampanye #AyoHijrah yang mengajak masyarakat hidup berkah dengan menggunakan layanan keuangan yang sesuai dengan syariat.

Per 15 dan 16 November 2021, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP) Bank Muamalat setelah menerima hibah saham dari Islamic Development Bank (IsDB) dan SEDCO Group. Dengan demikian, total kepemilikan saham BPKH di Bank Muamalat menjadi 82,66%. Selain BPKH, saham Bank Muamalat juga dimiliki oleh IsDB sebesar 2,04% dan pemegang saham lainnya dengan porsi sebesar 15,30%.

Baca Juga: Layanan MADINA Bank Muamalat Tumbuh Dua Digit, Kinerja Moncer

Selanjutnya: Kabar Gembira! J-Hope BTS Bakal Selesai Masa Wajib Militer

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (15/10) Hujan Deras: 16 Provinsi Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti