JAKARTA. Kepercayaan masyarakat terhadap perbankan terus meningkat setiap tahun. Dalam riset yang diterbitkan Ernst&Young Indonesia, kepercayaan terhadap bank didukiung oleh kualitas masing-masing nasabah dalam pengalaman perbankan pribadi mereka. Nam Soon Liew, Ketua EY Financial Services untuk Asia Tenggara, mengatakan keberhasilan bank meningkatkan kepercayaan dari masyarakat adalah dampak dari pertumbuhan ekonomi yang pesat di wilayah Asia Pasifik. "Akan tetapi, sebagian wilayah memiliki karakter nasabah yang berbeda dengan berbagai macam kebutuhan layanan perbankan," tutur Liew, Kamis (13/3). Sebagai contoh, hampir 90% nasabah bank di China mengaku siap membuka rekening baru atau menambah saldo tabungan jika bank tersebut bersedia memberikan jasa pengelola keuangan. Sementara, 84% nasabah di Singapura siap melakukan hal yang sama jika bank dapat membantu mencapai tujuan investasi keuangan.
Bank nasional perlu memperkuat teknologi informasi
JAKARTA. Kepercayaan masyarakat terhadap perbankan terus meningkat setiap tahun. Dalam riset yang diterbitkan Ernst&Young Indonesia, kepercayaan terhadap bank didukiung oleh kualitas masing-masing nasabah dalam pengalaman perbankan pribadi mereka. Nam Soon Liew, Ketua EY Financial Services untuk Asia Tenggara, mengatakan keberhasilan bank meningkatkan kepercayaan dari masyarakat adalah dampak dari pertumbuhan ekonomi yang pesat di wilayah Asia Pasifik. "Akan tetapi, sebagian wilayah memiliki karakter nasabah yang berbeda dengan berbagai macam kebutuhan layanan perbankan," tutur Liew, Kamis (13/3). Sebagai contoh, hampir 90% nasabah bank di China mengaku siap membuka rekening baru atau menambah saldo tabungan jika bank tersebut bersedia memberikan jasa pengelola keuangan. Sementara, 84% nasabah di Singapura siap melakukan hal yang sama jika bank dapat membantu mencapai tujuan investasi keuangan.