KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (
BBNI) mencatat bahwa tahun 2022 merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan sales volume kartu kredit pasca pandemi Covid-19. General Manager Divisi Bisnis Kartu BNI, Grace Situmeang menyatakan menjelang akhir tahun 2022 lalu minat masyarakat untuk berwisata dan melakukan perjalanan sangat tinggi, dan mendorong capaian kartu kredit perseroan. “Hal ini berdampak pada pencapaian pertumbuhan
sales volume kartu kredit di atas 15% secara tahunan atau
year on year (YoY),” ujarnya kepada Kontan.coi.id, Jumat (10/2).
Grace menjelaskan, sejalan dengan peningkatan pertumbuhan volume transaksi kartu kredit serta masih diberlakukannya kebijakan relaksasi minimum
payment dan denda keterlambatan dari Bank Indonesia, pihaknya mencatat
outstanding BNI Kartu kredit pada tahun 2022 bertumbuh sekitar 5%.
Baca Juga: BNI Catatkan Transaksi Ekspor Tumbuh 55% pada Tahun Lalu, Ini Penopangnya “Salah satu transaksi kartu kredit yang tumbuh pesat pada tahun 2022 adalah sektor
travel related dan pariwisata, seiring dengan pelonggaran PPKM, dan peningkatan mobilitas masyarakat di tahun 2022,” jelasnya. Dia menyebutkan, nilai transaksi
travel related telah bertumbuh di atas 50%. Grace menjelaskan, transaksi
travel related dan pariwisata masih menjadi fokus utama peningkatan transaksi kartu kredit di tahun 2023. “Dengan harapan membaiknya kondisi perekonomian di tahun 2023, BNI kartu kredit optimis volume transaksi kartu kredit terus bertumbuh di atas 10%,” tuturnya. Sementara itu, transaksi
travel related dan pariwisata masih menjadi fokus utama peningkatan transaksi kartu kredit di tahun 2023. “BNI kredit terus memberikan benefit bagi pemegang kartu melalui program yang menarik serta pengembangan fiture transaksi yang memberikan kemudahan, kenyamanan bertransaksi,” ucapnya. Untuk mencapai target tersebut, lanjut Grace, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi yang dilancarkan pada tahun 2023 ini, antara lain:
Baca Juga: Dukung Ketahanan Pangan, Presiden Luncurkan Kartu Tani Digital dan KUR BSI di Aceh Pertama, bekerja sama dengan
strategic e-commerce merchant, maupun kategori
daily needs seperti
groceries, healthcare, restoran, serta program di
merchant-merchant regional, termasuk
merchant-merchant di tempat wisata.
Kedua, benefit bagi pemegang kartu melalui program loyalti dengan
redemption BNI Rewards Point, dengan berbagai pilihan yang menarik.
Ketiga, program atau campaign serta
event bagi pemegang Kartu Kredit BNI selama periode
festive season seperti promo Imlek, Promo Ramadan,
Pay Day e-commerce campaign, Hari Pelanggan Nasional, Hari Belanja Online Nasional, serta promo Natal dan Tahun Baru. Keempat, pengembangan produk yang berbasis digital dan tokenisasi, serta pengembangan fitur dan layanan kartu kredit di My Credit Card Mobile di BNI Mobile Banking. Kelima, memberikan benefit yang menarik bagi calon pemegang kartu yang mengajukan aplikasi kartu kredit melalui digital
acquisition.
Baca Juga: Injak Rem biar Pasokan Listrik Tidak Makin Berlebih Grace menambahkan, seiring pembukaan
border negara-negara tujuan pariwisata, pihaknya optimis volume transaksi pada sektor ini dapat bertumbuh di atas 20%. “Untuk memenuhi kebutuhan travel pemegang kartu, BNI akan melangsungkan
event BNI – Japan Airlines Travel Fair tanggal 24 – 26 Feb 2022 di Kota Kasablanka Mall, dengan target volume transaksi di atas Rp 20 miliar,” pungkasnya. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Noverius Laoli