Bank Permata belum akan masuk branchless banking



JAKARTA. Program uji coba bank tanpa cabang akan segera dilakukan Bank Indonesia (BI). Hanya saja, PT Bank Permata Tbk (BNLI) menyatakan tak akan berpartisipasi di uji coba tersebut.

"Kami tak ikut pilot project tersebut," ucap Head of Liabilities, Wealth Management, dan e-Channels Bank Permata, Bianto Surodjo, Selasa, (14/5). Alasannya, untuk mengembangkan branchless banking, harus ada infrastruktur yang harus dibangun Permata. Selain itu, bank juga harus membuat linkage yang lebih baik.

Meski begitu, ia bilang bahwa Permata akan mempelajari bagaimana branchless banking dilakukan saat uji coba tersebut berlangsung. Ia melihat bagaimana supaya bank tanpa cabang itu dapat memperkuat bisnis Permata ke depannya.


"Itu yang sedang kami pelajari," ucapnya. Saat ini, Bianto bilang bahwa Permata masih melakukan evaluasi. Ini untuk melihat model yang tepat untuk menjalankan branchless banking. Sebelumnya, BI menyebut bahwa ada 3 model yang diperbolehkan untuk program branchless banking. Pertama yaitu bank led, kedua adalah telko led, dan ketiga yakni hybrid yang merupakan gabungan dari bank dan telko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: