KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Tabungan Negara (BTN) mencatatkan kenaikan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS selama periode Ramadan dan Lebaran tahun 2025. Transaksi QRIS BTN tercatat melonjak lebih dari 3,8 juta transaksi dengan total volume mencapai lebih dari Rp 380 miliar. SEVP Digital Business BTN, Thomas Wahyudi mengungkapkan, dibandingkan dengan bulan biasa, jumlah transaksi tersebut meningkat lebih dari 50%, sementara jika dibandingkan dengan periode ramadhan dan lebaran pada tahun 2024, lonjakannya mencapai 220%. "Capaian ini menunjukkan bahwa QRIS BTN kini semakin dikenal dan digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Kemudahannya dalam bertransaksi, terlebih dengan ketersediaan di berbagai sektor usaha, mulai dari UMKM hingga merchant nasional membuat QRIS BTN semakin sering dimanfaatkan, terutama pada momen dengan aktivitas ekonomi yang tinggi seperti Ramadan dan Lebaran," ujar Thomas kepada kontan.co.id, Kamis (10/4).
Baca Juga: BTN Catat 20% Proses KPR Beralih ke Aplikasi Bale Sejalan dengan itu, selama periode Ramadan dan Lebaran tahun 2025, BTN mencatat peningkatan signifikan dari sisi fee-based income (FBI) yang berasal dari transaksi QRIS. FBI yang diperoleh meningkat hampir 2X dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Thomas menjelaskan, peningkatan ini merupakan hasil dari lonjakan volume transaksi serta perluasan jumlah merchant yang aktif menggunakan QRIS BTN. Selain itu, program promosi dan penguatan sistem layanan turut mendorong peningkatan frekuensi penggunaan QRIS oleh nasabah, yang secara langsung berdampak positif terhadap kontribusi FBI bagi perseroan. Baca Juga: BTN Rogoh Kocek Rp 1,6 Triliun untuk Akuisisi Bank Victoria Syariah Dalam menggenjot transaksi QRIS, BTN memang telah menerapkan beberapa strategi diantaranya, aktif melakukan akuisisi, terutama di segmen UMKM dan sektor-sektor dengan volume transaksi tinggi. BTN juga menjalankan berbagai program edukasi dan promosi untuk mendorong penggunaan QRIS agar masyarakat semakin terbiasa melakukan transaksi digital. Selain itu, melakukan penguatan infrastruktur sistem QRIS, dan menyediakan saluran komunikasi bagi nasabah maupun merchant yang membutuhkan informasi lebih lanjut tentang transaksi maupun program promosi yang sedang berjalan berkaitan dengan QRIS melalui BTN Contact Center 24/7 serta layanan langsung melalui Customer Service kami di outlet BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.