KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform marketplace properti, Rumah123, terus mengembangkan kerja sama dengan agen properti dalam membangun ekosistem transaksi properti. Kerjasama dioptimalkan dengan menghadirkan fitur-fitur yang bisa meningkatkan permintaan properti. Senior Vice President Listing Business Rumah123, Faizal Abdullah menjgatakan, layanan digital tidak hanya menguntungkan agen properti, tetapi juga mendorong Rumah123 menjadi platform yang lebih efisien dan efektif bagi agen dalam menjalankan bisnisnya. “Kami terus berinovasi dengan memastikan bahwa fitur, produk maupun layanan kami sesuai dengan relevansi kebutuhan agen dan mendukung mereka dalam mencapai tujuan bisnis.” kata dia, Rabu (28/2).
Rumah123 tercatat memiliki 2,5 juta listing properti aktif. Menurut Faisal, jumlah tersebut merupakan bentuk kepercayaan para agen properti dalam memasarkan listing propertinya. Untuk meningkatkan kepercayaan tersebut, Rumah123 berinovasi mengembangkan fitur maupun layanan yang dapat membantu agen properti memperluas jangkauan calon pembeli dan potensi penjualannya di pasar. Diantaranya menghadirkan product booster mencakup Premier Listing, Featured Listing, dan Top Properti untuk meningkatkan visibilitas properti yang dipasarkan kepada calon pembeli potensial.
Baca Juga: Momentum Terbaik untuk Sektor Perumahan pada 2025 Adapun fitur terbaru yang diluncurkan perusahaan ini adalah K123DIT. Fitur ini bisa digunakan untuk aktivasi Repost, yang bisa meningkatkan posisi iklan secara instan ke peringkat teratas di kelasnya. Ke depannya K123DIT juga bisa digunakan para agen properti untuk memanfaatkan fitur-fitur lain Rumah123. “Fitur-fitur yang paling penting mencakup pencarian properti yang efisien, alat manajemen prospek yang kuat, dan analisis data yang mendalam yang kami hadirkan membantu agen mengambil keputusan yang lebih baik. Kami terus berupaya untuk menyediakan fitur maupun produk inovatif yang memberikan nilai tambah kepada para agen properti,” paparnya.
Prospek Pasar Properti Cerah
Faisal mengatakan, Rumah123 sebagai marketplace properti berkomitmen kuat dalam memastikan permintaan properti terus tumbuh agar memberikan nilai tambah yang signifikan bagi para pelaku industri, khususnya untuk agen properti. Ia bilang, pihaknya melihat prospek pasar properti tahun ini akan baik. Hal itu tercermin dari data Rumah123 di akhir tahun 2023 lalu, dimana pertumbuhan tahunan permintaan hunian yang dijual melonjak mencapai 62,9% dan hunian yang disewa meningkat 74,9%. “Saat ini, Rumah123 melayani 6,7 juta lebih pencarian properti setiap bulannya,” ungkapnya. Rumah123 optimistis memperluas jangkauan pemasaran bagi para agen yang bergabung dalam platformnya. Perusahanan ini akan berupaya meningkatkan permintaan properti dari masyarakat dengan menawarkan berbagai pilihan hunian berkualitas hingga program pembiayaan menarik. Faisal menambahkan, pihaknya akan terus mendukung agen properti mencapai lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan performa bisnisnya. Ia menyebut, para agen menggunakan Rumah123 dapat meningkatkan visibilitas dan mendapatkan lebih banyak prospek penjualan properti, salah satunya GadingPro.
Founder GadingPro, Steven Milano mengungkapkan, kehadiran digital yang kuat bagi agen properti sangat penting bagi kesuksesan jangka panjang. Hal itu memungkinkan agen memperluas pasar, mencapai lebih banyak klien, dan meningkatkan efisiensi operasional.
Baca Juga: Pakar Sebut Pasar Properti Tumbuh Positif Pasca Pemilu “Seluruh agen properti di GadingPro telah memanfaatkan Rumah123 dan memproses ribuan permintaan dalam beberapa bulan terakhir dari para calon pembeli potensial yang datang melalui Rumah123. Kami telah melihat dampak positif dukungan Rumah123 dalam meningkatkan kinerja agen dan memperluas jaringan bisnis,’ tuturnya. Steven mengatakan, pada periode Juli 2023 hingga Januari 2024, rata-rata pertumbuhan agen GadingPro yang tergabung dalam Rumah123 mencapai 60%. Dari segi perkembangan listing properti juga tumbuh sebesar 49% dan permintaan hunian dari Rumah123 ke GadingPro meningkat hingga 60,7%. Menurut Steven, dalam perjalanan mengembangkan performa bisnis, ada sejumlah tantangan yang dihadapi, seperti adaptasi terhadap teknologi baru dan persaingan pasar yang semakin kompetitif. Namun, GadingPro terus berinovasi dan bekerja sama dengan Rumah123 untuk menghadapi tantangan yang ada dan memberikan dukungan layanan berkualitas kepada agen-agennya. “Salah satu strategi yang paling efektif adalah fokus pada konten listing berkualitas dan interaksi yang terus-menerus dengan audiens atau calon pembeli melalui berbagai platform digital. Kami memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan layanan terbaik kepada para klien,” pungkas Steven. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Dina Hutauruk