Banyak Menjangkiti Anak Muda, Hindari 7 Makanan dan Minuman Penyebab Diabetes



MOMSMONEY.ID - Diabetes bukan lagi penyakit yang hanya menyerang orang tua. Kini, banyak anak muda yang juga mulai terjangkit penyakit ini, yang sebagian besar disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Terdapat sejumlah makanan dan minuman penyebab diabetes yang perlu Anda batasi atau hindari konsumsinya.  

Menyadur dari Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman penyebab diabetes yang sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsinya:


1. Minuman Kemasan

Minuman ringan atau soft drinks yang dijual di supermarket sering mengandung gula tambahan dalam jumlah besar, bahkan dalam minuman yang tidak terasa manis sekalipun.

Minuman ini umumnya adalah sumber kalori tanpa nutrisi penting lainnya dan hanya mengandung perasa, gula, dan pengawet.

Baca Juga: Cara Menaikkan Gula Darah yang Drop, Konsumsi Makanan Ini Yuk!

2. Makanan Manis

Makanan seperti kue, kukis, donat, dan permen yang kaya akan gula dan tepung adalah sumber karbohidrat sederhana yang mudah dicerna dan bisa cepat meningkatkan kadar gula darah.

Mengonsumsi makanan ini secara berlebihan bisa berisiko menyebabkan diabetes karena sering menyebabkan lonjakan gula darah dan berhubungan dengan resistensi insulin.

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

Makanan seperti gorengan, daging tinggi lemak, mentega, keju, dan susu tinggi lemak, bisa meningkatkan kadar kolesterol yang merupakan faktor risiko diabetes tipe 2. Pengurangan konsumsi jenis makanan ini dapat membantu menurunkan risiko.

Baca Juga: Apakah Kopi Menyebabkan Kolesterol dalam Tubuh? Yuk, Cek Faktanya di Sini

4. Minuman Berenergi

Minuman berlabel “berenergi” umumnya mengandung gula dalam jumlah tinggi. Walaupun mungkin mengandung beberapa nutrisi, kandungan gula yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan gula darah jangka panjang dan berpotensi menyebabkan resistensi insulin yang berujung pada diabetes tipe 2.

5. Manisan Buah Kering

Buah kering seperti kismis bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat karena mengandung gula dalam konsentrasi tinggi. Meski berasal dari buah, manisan ini memiliki indeks glikemik yang tinggi yang bisa memberatkan kerja pankreas dalam memproduksi insulin.

Baca Juga: Khasiat Ubi Ungu untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Konsumsi yuk

6. Minuman Beralkohol

Konsumsi alkohol secara rutin juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Alkohol bisa meningkatkan kadar gula darah dan berisiko menimbulkan komplikasi pada penderita diabetes.

7. Minuman dengan Gula Tambahan

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis seperti jus buah, teh manis, susu, dan kopi dengan gula tambahan bisa berisiko meningkatkan berat badan dan resistensi insulin, yang nantinya bisa menjadi penyebab diabetes tipe 2.

Itulah beberapa makanan dan minuman penyebab diabetes yang sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas