Baru jadi pemilik, Ascention sudah lepas saham ELTY



JAKARTA. Susunan pemegang saham PT Bakrie Development Tbk (ELTY) kembali berubah. Per 13 Oktober 2010, jumlah saham ELTY yang berada di tangan Ascention Limited merosot dari 3,91 miliar saham atau 9,80%, menjadi 2,54 miliar saham (6,37%). Ini berarti, Ascention telah menjual 1,37 miliar saham ELTY.

Padahal nama Ascention baru nongol di daftar pemegang saham ELTY pada 28 September 2010. Porsi kepemilikan saham Ascention sebesar 9,80%, sama persis dengan porsi yang sebelumnya berada di tangan Danatama.

Seorang broker asing yang meminta tidak sebutkan namanya, menuturkan, Ascention berniat melepas seluruh saham ELTY yang masih tersisa. Menurut broker tersebut, saham ELTY yang berada di tangan Ascention sebenarnya milik ELTY sendiri. Ia menambahkan, Ascention menargetkan perolehan fulus hingga US$ 75 juta atau setara Rp 675 miliar dari penjualan seluruh saham ELTY.


Jika menggunakan harga penutupan ELTY pada Selasa (19/10), yaitu Rp 190 per saham, dengan menjual 2,54 miliar saham ELTY, Ascention bisa mengantongi dana senilai Rp 482,60 miliar. Sementara dari penjualan 1,37 miliar saham ELTY sebelumnya, Ascention ditaksir mendapatkan dana Rp 260 miliar.

Nudirman Nurdin, Sekretaris Perusahaan ELTY, membantah saham yang berada di tangan Ascention milik ELTY sendiri. "Ascention itu perusahaan investasi asing. Tidak ada sangkut pautnya dengan ELTY," bantah dia, kemarin.

Nudirman membenarkan Ascention masuk sebagai pemegang saham ELTY melalui rights issue yang digelar Juli 2010 lalu. Ia menambahkan, peran Ascention hanya sebagai investor, bukan strategic partner ELTY.

Yang jelas, Ascention punya hubungan erat dengan grup Bakrie. Merujuk ke laporan keuangan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) per akhir Juni 2010, Ascention memberi pinjaman senilai Rp 1,16 triliun kepada ke BNBR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie