Basarnas: Sudah 30 korban AirAsia ditemukan



JAKARTA. Badan SAR Nasional merilis hasil pencarian korban dan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di Selat Karimata, perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Minggu (28/12/2014) lalu. Hingga saat ini, Basarnas merilis sudah ada 30 jenazah yang ditemukan dalam pencarian hari keenam, Jumat (2/1).

"Sampai detik ini, saya bisa mengkonfirmasi sudah ada 30 jenazah yang ditemukan," kata  Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Soelistyo, dalam konferensi pers di Kantor Basarnas, Jumat (2/1) sore.

Bambang Soelistyo kemudian menjelaskan, sebanyak 10 jenazah sedang dalam penerbangan dari Pangkalan Bun ke Surabaya untuk menjalani proses identifikasi. "Sedangkan 4 jenazah masih ada di Pangkalan Bun," ucap Soelistyo.


Selain itu, masih ada juga 7 jenazah yang saat ini sedang berada di KRI Bung Tomo. "1 jenazah juga masih berada di Kapal Diraja Pahang (milik Malaysia)," ujar Soelistyo. Hingga saat ini, 8 jenazah yang berada di dua kapal itu masih belum bisa diterbangkan ke Pangkalan Bun.

Selain itu, Soelistyo juga mengatakan ada 8 jenazah lain yang berada di Surabaya. Empat jenazah di Surabaya itu sudah menjalani diketahui identitasnya dan dikembalikan kepada keluarga. Sedangkan 4 jenazah lain masih dalam proses identifikasi. 

Berikut perinciannya:

- 10 jenazah berada dalam penerbangan dari Pangkalan Bun ke Surabaya - 4 jenazah masih berada di Pangkalan Bun - 7 jenazah masih berada di KRI Bung Tomo. - 1 jenazah berada di KD Pahang - 8 jenazah di Surabaya

(Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan