Basuki Sebut Pembentukan Kementerian Perumahan Langkah yang Baik



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembentukan Kementerian Perumahan dinilai baik untuk mengentaskan backlog perumahan di Tanah Air.

Basuki mengungkapkan bahwa untuk menggarap proyek perumahan bukan perkara yang mudah, apalagi adanya target program tiga juta unit rumah besutan presiden terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, adanya Kementerian Perumahan bakal mempermudah.

Baca Juga: Update Proyek Tol Puncak, Basuki: Tunggu Kabinet Berikutnya


“Saya kira bagus (pembentukan Kementerian Perumahan), karena dengan program prioritas beliau (Prabowo-Gibran) untuk 3 juta rumah, ini menjadi fokus,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (18/9).

Basuki menyatakan, dalam menyelesaikan backlog, membentuk organisasi perumahan saja dirasa tidak cukup. Tak hanya itu, kata dia, sektor perumahan punya 175 turunan industri untuk mendukung sektor properti di Indonesia.

“Jadi kalau ini beliau (Prabowo) membentuk perumahan, bagi saya pribadi bagus,” terangnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Dapat Tambahan Anggaran Rp 40,59 Triliun di 2025, Ini Rinciannya

Meski demikian, Basuki bilang, dirinya mengaku belum ada pembicaraan khusus dengan Prabowo dalam membentuk Kementerian Perumahan tersebut. Pasalnya, kata dia, hal ini menjadi hak pribadi presiden terpilih.

Lebih lanjut, Basuki menambahkan, saat ini pembicaraan yang dilakukan oleh antara dirinya dengan Prabowo masih sebatas keberlanjutan proyek-proyek PUPR hingga Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Diskusinya cuman keberlanjutan Kementerian PUPR dan IKN,” tandasnya.

Selanjutnya: Peluang Asia Tenggara untuk Mempercepat Transisi Energi

Menarik Dibaca: 2 Resep Brownies Kukus Chocolatos Tanpa Mixer, Mudah Dibuat Anak Kos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto