BCA Digital Pacu Pertumbuhan Transaksi Valas dengan Inovasi Teknologi AI



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BCA Digital memacu pertumbuhan nasabah dan transaksi melalui layanan valuta asing bluValas, yang merupakan bagian dari aplikasi blu by BCA Digital. 

Layanan ini didukung oleh teknologi canggih, termasuk keamanan siber dan kecerdasan buatan (AI), untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Head of Digital Business BCA Digital, Edwin Tirta, menyatakan bahwa inisiatif ini ditujukan untuk menjangkau pengguna muda dan membantu mereka dalam perjalanan finansial. 


“Komitmen kami adalah menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan finansial nasabah, terutama dalam mengelola keuangan dengan baik dan bijak,” ujar Edwin dalam siaran pers, Minggu (20/10).

Baca Juga: Soal Digitalisasi Pembayaran, Ini Harapan Pedagang Mainan

Edwin juga mengungkapkan bahwa meski baru diluncurkan kurang dari satu bulan, bluValas sudah mendapatkan antusiasme yang tinggi dari nasabah. Puluhan ribu pengguna telah mengaktifkan fitur ini, dengan transaksi pembelian dan penjualan valuta asing mencapai miliaran rupiah. 

Transaksi pembelian valuta asing, terutama Dolar AS (USD), tercatat lebih tinggi dibandingkan penjualan. Hal ini menunjukkan kecenderungan nasabah untuk menyimpan saldo dan berinvestasi dalam mata uang asing.

Pada bulan September 2024, blu mencatat saldo rata-rata nasabah yang menggunakan bluValas sebesar Rp 6,5 juta. Nasabah dapat mengaktifkan layanan bluValas dengan mudah hanya dengan satu klik, yang langsung terintegrasi dengan bluAccount. 

Integrasi ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi valuta asing secara praktis melalui satu aplikasi.

Baca Juga: Jurus BCA Digital Perluas Jangkauan Nasabah, Kolaborasi dengan Musisi Kunto Aji

BluValas menawarkan akses untuk menabung, membeli, dan menjual hingga delapan mata uang asing, termasuk USD, SGD, JPY, GBP, EUR, AUD, HKD, dan CNH, dengan nilai tukar yang kompetitif. 

Pengguna juga dapat menikmati berbagai fitur seperti pengaturan mata uang utama, riwayat transaksi, serta pemantauan portofolio bluValas.

Selain itu, tersedia fitur untuk memeriksa bunga dan pajak bunga, mengakses laporan keuangan, serta melihat kurs transaksi melalui fitur insight. Semua layanan ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan investasi valuta asing.

Baca Juga: BCA Digital Luncurkan Prouduk Tabungan bluAccount for Teens

Edwin menegaskan bahwa BCA Digital akan terus berinovasi guna menghadirkan layanan finansial digital yang relevan bagi nasabah di Indonesia.

Selanjutnya: Code Anime Defenders Oktober 2024 Terbaru lengkap dengan Cara Klaim di Roblox

Menarik Dibaca: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli