Bea Cukai Gagalkan Impor Ilegal 100 Kosmentik Merek Brilliant Skin



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara (Sulbagtara) menindak 100 buah kosmetik impor tanpa dokumen kepabeanan bermerek Brilliant Skin di Pelabuhan Calaca, Kota Manado. 

Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Humas Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Yoko Nainggolan menjelaskan importasi kosmetik itu tidak dilengkapi dengan Laporan Surveyor Impor Kosmetik dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga yang disetujui oleh Kementerian Perdagangan.Selain itu tidak adanya Surat Keterangan Impor/Special Access Scheme yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

"Barang-barang tersebut berasal dari Tahuna, Kepulauan Sangihe yang diangkut menggunakan kapal penumpang KM Barcelona 3, penindakan ini merupakan pengembangan dari informasi yang didapatkan dari masyarakat sekitar," jelas Yoko dalam keterangan resmi, Kamis (24/10).


Kosmetik impor yang diproduksi di Filipina tersebut diduga melanggar Pasal 103 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006. Dalam aturan tersebut menyebutkan bahwa setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, membeli, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang impor yang diketahui atau patut diduga berasal dari tindak pidana.

Hal itu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 102 dipidana dengan pidana penjara paling singkat 2 tahun dan pidana penjara paling lama 8 tahun atau pidana denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp5 miliar.

"Penindakan ini merupakan tindakan represif Bea Cukai dalam menjalankan salah satu fungsi instansi, yakni community protector. Hal ini kami lakukan untuk melindungi masyarakat Indonesia dari bahaya barang impor yang belum jelas kandungan dan legalitasnya," ujarnya. 

Selanjutnya: ITDC Catat Pertumbuhan Kunjungan Signifikan di Tiga Kawasan Selama Triwulan III 2024

Menarik Dibaca: 5 Tips Memanfaatkan Tablet Android Versi Lama Selain Dijual Kembali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati