Beberapa Kementerian Baru Belum Memiliki Kantor, Begini Kata Menpan RB



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Rini Widyantini memberikan respons atas sejumlah kementerian baru yang saat ini belum memiliki kantor sendiri. 

Diketahui, saat ini ada 48 kementerian di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto - Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. 

Jumlah ini diketahui bertambah 14 kementerian jika dibandingkan dengan masa pemerintahan sebelumnya yang terdapat 34 kementerian. 


Baca Juga: Airlangga Hartarto Kembali Ditunjuk sebagai Nakhoda Kemajuan Perekonomian Indonesia

Menurut Rini, nantinya Kemenpan RB bersama dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) akan berkoordinasi untuk menyiapkan perangkat bagi kementerian baru. 

"Tadi saya sampaikan, nanti kita akan bersama-sama dengan Kemensesneg gitu ya untuk mengatur (hal tersebut). Kita punya aset banyak ya," ujar Rini di Kantor Kemenpan RB, Jakarta Selatan, Senin (21/10). 

Rini menegaskan bahwa Kemenpan RB tidak bisa mencarikan kantor untuk kementerian baru. Sebab hal itu bukan merupakan kewenangan kementerian yang dipimpinnya. 

Yang bisa dilakukan oleh Kemenpan RB yakni menyiapkan aparatur sipil negara (ASN) siap bekerja di kementerian baru maupun kementerian yang saat ini dipisah nomenklaturnya. 

Meski demikian, Rini dan Wakil Menteri (Wamen) Pan RB Purwadi akan menyusun peta jalan untuk kinerja 48 kementerian di era Prabowo. 

Baca Juga: Muka Lama Hiasi Kabinet Merah-Putih, Apa Harapan Para Pelaku Industri Manufaktur?

Diketahui, saat ini ada sejumlah kementerian baru yang belum memiliki kantor. 

Sehingga para menteri yang memimpin kementerian baru tersebut menyatakan belum tahu akan berkantor di mana meski sudah resmi dilantik oleh Presiden Prabowo Subianto pada Senin (21/10). 

Misalnya saja, Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono yang mengungkapkan belum mengetahui di mana kantornya. 

"Nah, kantornya itu juga belum ketahui secara pasti karena ini pos baru," kata AHY di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin.

Senada, Menteri Koordinator Bidang Pangan Zulkifli Hasan juga belum tahu akan berkantor di mana. 

Pasalnya, Kementerian Koordinator Bidang Pangan juga menjadi nomenklatur baru di pemerintahan Prabowo. 

Baca Juga: Kabinet Merah Putih, Sejumlah Menteri Masih Belum Tahu akan Berkantor di Mana

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar menyebutkan bahwa kantornya akan berada dalam satu kompleks dengan kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang dipimpin Pratikno. 

"(Kantornya) Jadi satu ini. Pemilihan dan penugasan terutama saya spesifik bidang pemberdayaan institusi maupun individu," kata pria yang akrab disapa Cak Imin itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Sejumlah Kementerian Baru Belum Punya Kantor, Begini Penjelasan Menpan RB "

Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/10/22/081332726/sejumlah-kementerian-baru-belum-punya-kantor-begini-penjelasan-menpan-rb.

Selanjutnya: Rupiah Dibuka Melemah ke Rp 15.544 Per Dolar AS Pada Hari Ini, 22 Oktober 2024

Menarik Dibaca: Ide Ucapan Hari Santri Nasional 2024 untuk Memberikan Motivasi dan Apresiasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi