Begini Cara Membersihkan Dinding Sebelum Mengecatnya



MOMSMONEY.ID - Hampir semua produsen cat menegaskan, membersihkan dinding adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Simak cara membersihkan dinding di bawah ini.

Mengutip The Spruce, secara umum air hangat dengan sabun adalah cara terbaik untuk membersihkan dinding. Ini bisa menghilangkan sebagian debu dan kotoran, menghasilkan permukaan yang jauh lebih halus untuk mengaplikasikan cat. 

Baca Juga: Percantik Rumah, Begini Cara Menggunakan Cat Dinding Glossy


Cara membersihkan tembok dengan sabun dan air

  1. Dinding yang terlihat berdebu atau kotor harus dicuci dengan deterjen dan air. Berikut langkahnya:
  2. Hilangkan terlebih dahulu kotoran yang sangat terlihat dan debu-debu besar seperti sarang laba-laba dengan sapu. 
  3. Gunakan kain yang sedikit dibasahi air, lap bagian atas pintu dan trim jendela serta gawangan pintu maupun jendela. Tempat ini memiliki jumlah debuh yang signifikan. 
  4. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan area dinding dekat lantai.
  5. Campurkan deterjen ringan dengan seember air hangat, celupkan spons ke campuran ini. Kemudian lap semua permukaan dinding yang ingin Anda cat menggunakan spons basah yang sudah Anda peras terlebih dahulu.
  6. Jika sudah, bilas dinding menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan air bersih. 
Untuk dinding di dapur yang banyak terkena minyak, kamar mandi yang memiliki sisa sabun, gagang pintu atau dinding yang penuh krayon Anda bisa menggunakan trisodium fosfat (TSP).

Ini adalah bubuk anorganik yang menciptakan larutan pembersih alkali ketika dicampur dengan air. Alkalinitas membuatnya sangat baik dalam melarutkan lemak dan minyak.

TSP juga bagus untuk permukaan cat high-gloss yang sedikit kusam. Jika cat sebelumnya menggunakan cat dengan hasil akhir yang mengkilap, pencucian TSP dapat menggantikan pengamplasan untuk membantu ikatan cat baru.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Noda Pensil pada Dinding

Saat mencuci dengan TSP, campur bubuk dengan air seperti yang diarahkan oleh label produk, lalu cuci dinding dengan spons yang dibasahi dalam larutan.

Biarkan larutan duduk selama sekitar dua menit di setiap bagian, lalu gosok lagi dengan TSP. Segera bilas setiap bagian dengan spons lain yang dibasahi dengan air bersih.

TSP terkadang dapat menodai lantai kayu, jadi lindungi dengan kain. Juga, jauhkan TSP dari permukaan apa pun yang tidak akan dicat. Disarankan untuk memakai sarung tangan karet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta