Begini Cara Membuang Cat Sisa dengan Benar



MOMSMONEY.ID - Gunakan cara ini untuk menentukan kapan saatnya membuang dan cara membuang cat dengan benar.

Saat membeli cat, sering kali Anda menyisakan di dalam kaleng. Sayangnya, sisa cat ini tidak dapat dibuang begitu saja ke tempat sampah.

Melansir Better Homes and Gardens, membuang cat cair bisa mencemari lingkungan karena mengandung bahan kimia yang beracun.


Bahkan, beberapa negara telah membuat aturan khusus tentang membuang cat. 

Baca Juga: Percantik Rumah, Begini Cara Menggunakan Cat Dinding Glossy

Cara membuang cat yang sisa dengan benar

Sebenarnya, cat akan bertahan lama jika disimpan dengan benar di dalam ruangan, jauh dari suhu ekstrem dan ditutup dengan benar.

Bahkan, cat lateks dapat bertahan hingga 10 tahun jika disimpan dengan benar. Adapun cat berbahan dasar minyak bisa bertahan hingga 15 tahun. 

Jadi, sebelum membuang cat sisa, buka tutup dan hirup aromanya. Jika masih mengeluarkan aroma cat pada umumnya, maka cat masih bisa digunakan. Namun, jika aromanya sudah busuk, maka Anda bisa membuangnya. 

Selain itu, lihat apakah ada gumpalan atau lapisan kering di bagian bawah atau samping wadah. Buang lapisan atau gumpalan tersebut, kemudian aduk cat yang tersisa.

Oleskan sediki cat ke selembar karton atau kardus bekas dan lihat apakah warna sudha tepat dan dapat diaplikasikan dengan mulus. 

Baca Juga: Tiket Kereta Cepat Whoosh Kini Bisa di tiket.com

Donasikan cat sisa

Apabila cat sisa Anda masih dalam kondisi bagus, alih-alih membuangnya Anda bisa menyimbangkan atau menjual kembali.

Anda bisa menyumbangkan ke sekolah-sekolah, panti asuhan, atau area yang Anda lihat sedang melakukan renovasi. Pastikan dulu mereka membutuhkan warna yang sesuai dengan cat yang Anda miliki. 

Cara membuang cat lateks

Namun, jika Anda memiliki jenis cat lateks, Anda bisa membuangnya ke tempat sampah jika cat sudah mengering. Sehingga, keringkan dulu sisa cat yang Anda miliki di dalam kaleng atau ember cat sebelum membuangnya.

Untuk membuat cat kering dalam jumlah yang banyak, tuangkan pasir kucing atau koran bekas ke dalam cat dan diamkan. 

Cara membuang cat berbasis minyak

Cat berbahan dasar minyak adalah limbah yang berbahaya.Jika dibuang dengan cara yang salah, bisa membahayakan sumber air minum.

Maka, sebaiknya hubungi petugas pembuangan akhir setempat untuk mengetahui cara membuang cat berbahan dasar minyak yang paling tepat.

Itu tadi cara membuang cat yang sisa dengan benar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya: Pencarian Tiket Pesawat & Akomodasi Liburan Akhir Tahun di Traveloka Melonjak 127%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta