Begini Cara Memilih Warna Cat Dinding yang Tepat Hanya pakai Contoh Warna



MOMSMONEY.ID - Ini cara memilih warna cat dinding yang tepat hanya menggunakan contoh warna yang disediakan toko cat terdekat. 

Saat memilih warna cat dinding di toko cat, Anda biasanya hanya diberikan kertas yang berisi banyak pilihan warna. Sayangnya sering kali antara contoh warna dengan warna asli cat saat digunakan untuk mengecat dinding ada perbedaan. 

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan Saat Mengecat, Bikin Dinding Terlihat Kotor


Melansir Better Homes and Gardens, biasanya perbedaan contoh warna dengan warna cat yang sudah diaplikasikan di dinding rumah mengalami perbedaan karena pencahayaan yang berbeda.

Maka tak heran, apabila banyak orang termasuk Anda mungkin ragu jika hanya memilih warna cat hanya dari kertas contoh. Namun, kini Anda tak perlu bingung lagi, ada panduan yang bisa Anda gunakan untuk cara memilih warna cat dinding yang tepat hanya dengan pakai contoh warna. 

Pinjam kertas contoh warna

Cara memilih warna cat dinding yang tepat hanya dengan kertas contoh warna adalah meminjamnya dan bawa pulang. Biasanya toko cat memiliki banyak persediaan kertas contoh warna. Anda bisa memilih terlebih dahulu warna-warna apa yang Anda inginkan dan pinjam kertas contoh warna yang berisi warna-warna pilihan Anda. 

Anda juga bisa meminta mereka mengaplikasikan warna cat ke kertas kosong jika mereka memiliki kaleng cat sebagai sample.

Baca Juga: Jangan Makan 10 Buah Ini saat Perut Kosong di Pagi Hari, Apa Saja?

Bawa pulang dan lihat bagaimana warna yang Anda pilih akan bekerja di ruangan yang akan Anda cat. Lihat pada cahaya pagi, siang, sore dan malam hari. Kemudian persempit pilihan Anda berdasarkan warna yang terlihat bagus di ruangan dalam cahaya apapun dan cocok dengan dekorasi yang ada.

Coba warna cat pada dinding Anda

Cara memilih warna cat dinding hanya dengan kertas contoh selanjutnya, belilah warna cat yang sudah Anda pilih dalam ukuran kecil. Namun akan lebih menguntungkan jika toko cat menyediakan warna pilihan Anda secara gratis untuk uji coba.

Dari pilihan warna cat yang sudah Anda persempit tadi, coba aplikasikan pada dinding ruangan yang ingin Anda pilih. Coba aplikasikan warna tadi dalam ukuran yang mudah bagi Anda untuk melihat warnanya. Diamkan dulu hingga mengering sempurna dan lihat mana warna terbaik untuk ruangan. 

Baca Juga: Pakaian Terbakar Karena Setrika Berkarat? Ini 4 Tips Membersihkan Karat pada Setrika

Minta rekomendasi dari ahlinya

Dari langkah sebelumnya, Anda akhirnya memiliki satu pilihan warna yang akhirnya akan Anda gunakan. Namun sebelum membelinya pilih jenis finishing yang paling tepat untuk kondisi dinding. Anda bisa mengkonsultasikannya pada ahli cat. Tanyakan apa yang paling cocok untuk dinding Anda dan mereka akan menyarankan jenis finishing yang terbaik. 

Itu tadi cara memilih warna cat dinding hanya dengan kertas contoh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Tonton: Pidato Lengkap Presiden Prabowo Saat Pelantikan di MPR RI

Selanjutnya: Seberapa Sering Sebaiknya Mengecat Ulang Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta