Begini Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Asam Lambung dan Cara Mencegahnya



MOMSMONEY.ID - Jangan panik! Ikuti cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung dan ketahui juga cara mencegahnya.

Sesak napas bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Bagi beberapa orang, asam lambung dapat menyebabkan sensasi sesak napas atau sulit bernapas.

Saat asam lambung naik ke kerongkongan, ia dapat mengiritasi lapisan esofagus dan menyebabkan peradangan. Jika refluks asam ini berulang kali terjadi, asam bisa naik lebih tinggi dan memengaruhi saluran pernapasan.


Hal ini bisa memicu sesak napas atau batuk kronis. Selain itu, asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa memicu bronkospasme (penyempitan saluran napas) yang menyebabkan gejala mirip asma, seperti napas pendek atau tersengal-sengal.

Baca Juga: Efek Samping Minum Es Teh Berlebihan Apa Saja, ya? Mari Intip Ulasannya di Sini

Jika Anda sering merasakannya, penting untuk mengetahui cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung dan cara mencegahnya.

Cara Mengatasi Sesak Nafas karena Asam Lambung

Menyadur dari laman Alodokter, berikut adalah beberapa cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung:

1. Teknik Bernapas Pursed-Lip

Teknik pernapasan ini bertujuan untuk memperlambat laju pernapasan, sehingga Anda tidak perlu bekerja terlalu keras saat bernapas. Selain itu, teknik ini juga membantu mengeluarkan udara dari paru-paru lebih efektif.

Caranya, tarik napas melalui hidung selama 2 detik dengan mulut tertutup, lalu embuskan napas melalui mulut yang dikerucutkan (seperti hendak bersiul) selama 4 detik. Ulangi beberapa kali sampai sesak napas mereda.

2. Latihan Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma melibatkan otot diafragma untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga Anda bisa bernapas lebih lega. Duduk dengan tangan di perut, tarik napas perlahan melalui hidung, dan rasakan perut Anda naik.

Lalu, embuskan napas perlahan melalui mulut dengan bibir dikerucutkan, sambil menekan perut ke dalam. Lakukan latihan ini sekitar 5 menit atau sampai sesak napas berkurang.

Baca Juga: Ini Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri yang Perlu Anda Tahu

3. Duduk dengan Kepala Bersandar di Meja

Jika ada meja dan kursi di sekitar Anda, duduklah dengan posisi kaki menapak lantai. Condongkan tubuh ke meja dan letakkan lengan di atas meja sebagai tumpuan kepala. Anda juga bisa menambah bantal agar lebih nyaman. Posisi ini dapat membantu memperbaiki pernapasan.

4. Duduk dengan Dada Condong ke Depan

Serupa dengan cara sebelumnya, duduk di kursi dengan kaki menapak lantai, lalu condongkan dada ke depan. Sandarkan siku ke lutut dan atur napas dengan rileks. Pastikan otot leher dan bahu tetap santai. Lakukan sampai sesak napas mereda.

5. Bersandar pada Dinding

Berdiri membelakangi dinding dengan pinggul bersandar pada dinding, dan posisikan kaki selebar bahu. Letakkan tangan di paha dan biarkan bahumu rileks.

Condongkan tubuh sedikit ke depan sambil mengayunkan lengan. Teknik ini membantu meredakan sesak napas dengan melonggarkan saluran pernapasan.

Baca Juga: Ketahui Beberapa Penyebab Panu di Badan dan Cara Mencegahnya di Sini

6. Berbaring dengan Bantal Tinggi

Jika Anda merasa sesak napas saat berbaring, cobalah berbaring dengan posisi kepala dan lutut ditinggikan menggunakan 2 bantal.

Posisi ini membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Hindari penggunaan pakaian ketat atau ikat pinggang yang menekan perut untuk mengurangi gejala.

7. Arahkan Kipas Angin ke Wajah

Udara sejuk dari kipas angin yang diarahkan ke wajah dapat membantu meredakan sesak napas. Arahkan kipas kecil ke wajah selama beberapa saat hingga pernapasan terasa lebih baik.

Itulah cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung. Lantas, bagaimana cara mencegahnya?

Baca Juga: Wajib Coba Konsumsi Buah Paling Bagus untuk Asam Lambung Berikut Ini

Cara Mencegah Sesak Nafas karena Asam Lambung

Untuk mencegah sesak nafas karena asam lambung, berikut beberapa perubahan gaya hidup yang bisa Anda lakukan:

1. Jaga berat badan tetap ideal Menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada lambung, sehingga membantu mencegah naiknya asam lambung.

2. Ubah pola makan Konsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi lebih sering, dan hindari makan camilan sebelum tidur. Ini membantu mencegah perut terlalu penuh dan mendorong asam lambung naik.

3. Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung Beberapa makanan seperti makanan pedas, berlemak, atau asam bisa memicu naiknya asam lambung. Hindari juga minuman seperti kopi dan soda.

Baca Juga: Bisa Kurangi Stres, Ini 11 Khasiat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh Anda

4. Berhenti merokok dan batasi alkohol Merokok dan minuman beralkohol dapat memperburuk kondisi asam lambung, jadi hindari kebiasaan ini untuk mencegah gejala GERD.

5. Hindari polutan dan alergen Polutan dan alergen dapat memicu iritasi pada saluran pernapasan, jadi sebisa mungkin hindari paparan terhadapnya.

6. Cukupi waktu tidur Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu mencegah gejala GERD.

7. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi Posisikan kepala lebih tinggi sekitar 10–20 cm saat tidur agar mencegah makanan atau asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: 10 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Jika setelah mencoba cara-cara di atas gejala sesak napas masih tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Anda perlu segera memeriksakan diri jika sesak napas disertai rasa nyeri di dada, lengan, punggung, leher, atau rahang.

Semoga informasi tentang cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung dan cara mencegahnya ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Harga Emas Spot Terus Menguat Rabu (16/10), Saham dan Imbal Hasil Obligasi Melemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas