Begini Cara Tepat Membersihkan Vacuum Cleaner



MOMSMONEY.ID - Moms wajib tahu cara tepat membersihkan vacuum cleaner karena debu yang alat ini hisap ternyata menjadi satu di alat kesayangan Moms ini lo!

Anda wajib tahu cara tepat membersihkan vacuum cleaner supaya alat ini bekerja secara maksimal. Melansir The Spruce, beberapa vacuum cleaner memiliki satu atau lebih filte ryang menangkap partikel debu. 

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Indoor Populer yang Bisa Menarik Hama dan Serangga ke Rumah


Dengan filter ini vacuum cleaner bisa menangkap debu dan mencegahnya kembali ke udara di ruangan. Sayangnya, jika filter ini sudah penuh dengan debu, maka vacuum cleaner tidak akan bekerja maksimal untuk membersihkannya. 

Anda harus memberishkan vacuum cleaner setiap filternya kotor. Tanda bahwa filter vacuum cleaner Anda sudah kotor, Anda akan mencium bau tak sedap saat menyalakannya dan daya hisap berkurang. Jadi Anda bisa membersihkan vacuum cleaner satu bulan sekali jika sering digunakan. 

Nah fiter setiap vacuum cleaner bisa berbeda sehingga berbeda juga cara membersihkannya. Beberapa jenis filter pada vacuum cleaner adalah filter busa, serat sintetis atau ketas lipit (pleated paper), dan HEPA filter. 

Cara membersihkan vacuum cleaner adalah cabut dulu dari sumber listrik. Kemudian ambil bagian tabung pengumpulan debu. Di situ biasanya terdapat filter yang perlu Anda lepas dan bersihkan. 

Baca Juga: Ciri HP Kena Hack Beserta Cara Mengatasi dan Memperbaikinya

Cara membersihkan vacuum cleaner dengan filter busa

  1. Campurkan dua tetes cairan pencuci piring atau pembersih serbaguna di mangkuk kecil dengan dua cangkir air panas.
  2. Celupkan filter dan peras perlahan agar larutan pembersih meresap ke pori-pori busa. Campurkan di larutan yang baru dan terus peras hingga air yang hitam berubah menjadi bening dan tidak ada lagi busa. 
  3. Jika sudah, lap dengan kain mikrofiber untuk menyerap air kemudian jemur hingga mengering sendiri. 
Cara membersihkan vacuum cleaner dengan pleated paper atau serat sintetis:

  • Pleated paper filter: Lepaskan dari vacuum kemudian gunakan sikat gigi lama untuk menghilangkan debu yang terlihat. Kemudian ketukan pada tempat sampah secara lembut untuk menghilangkan debu.
  • Serat sintetis: Lakukan langkah yang sama seperti di atas. Setelah menghilangkan debu, pegang filter di bawah air mengalir untuk menghilangkan debunya lagi. Jika sudah, tutup dengan handuk microfiber untuk menyerap air, lalu jemur. 
Baca Juga: 4 Zodiak Wanita Paling Misterius, Auranya Bikin Penasaran!

Cara membersihkan vacuum cleaner dengan filter HEPA

  • Lepaskan filter HEPA dari penyedot debu dan ketukkan pada sisi tempat sampah untuk menghilangkan debu.
  • Bilas dengan air bersih biasa untuk membuang debu.
Itu tadi cara membersihkan vacuum cleaner dengan berbagai jenis filter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Selanjutnya: Pemerintah Telah Kucurkan Dana Desa Rp 609,9 Triliun dalam 10 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta