Begini Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru, Waspadai ya!



MOMSMONEY.ID - Yuk, ketahui ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru berikut ini. Jangan diabaikan, ya!

Banyak orang mengalami masalah asam lambung, tetapi tidak semua menyadari bahwa asam lambung bisa bergerak naik ke paru-paru. Ini bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga berpotensi merusak paru-paru dan saluran pernapasan. Namun, tidak semua orang mengetahui ciri-cirinya.

Oleh karena itu, Momsmoney akan menjelaskan apa saja ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk, simak informasinya sampai selesai!


Baca Juga: Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru

Menyadur dari laman Alodokter, berikut adalah beberapa ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru:

1. Sesak Napas

Asam lambung yang naik ke paru-paru bisa menyebabkan peradangan atau penyempitan saluran pernapasan, sehingga membuat Anda kesulitan bernapas dan merasa sesak.

Baca Juga: Pria Juga Harus Rawat Diri! Ini 10 Rekomendasi Skincare Pria Terbaik

2. Mengi

Jika Anda mendengar suara napas yang berbunyi atau mengi, ini bisa jadi pertanda asam lambung naik ke paru-paru. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang mengidap asma, karena asam bisa merusak lapisan tenggorokan dan paru-paru serta membuat saluran napas menyempit.

3. Batuk Berkepanjangan

Batuk persisten juga bisa menjadi ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru. Iritasi yang disebabkan oleh asam pada sistem pernapasan atas, termasuk tenggorokan, bisa menyebabkan batuk yang tidak kunjung reda.

Ini terutama jika batuk tersebut tidak dipicu oleh asap atau rokok dan cenderung bertambah parah saat Anda berbaring.

Baca Juga: Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

4. Sleep Apnea

Ada bukti bahwa asam lambung yang naik bisa menyebabkan gangguan tidur yang disebut sleep apnea, di mana saluran napas menjadi terblokir dan menyebabkan henti napas sementara saat tidur.

Kondisi ini sering kali ditemukan pada orang yang sering minum alkohol, merokok, atau yang memiliki kelebihan berat badan.

5. Suara Serak

Asam lambung yang naik ke tenggorokan juga bisa menyebabkan iritasi yang mengubah suara menjadi serak. Gejala ini tidak hanya muncul karena infeksi, tetapi juga karena iritasi akibat asam lambung, sehingga perlu diatasi dengan tepat.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Paru-Paru

Jika Anda merasakan ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sebelum mengunjungi dokter:

1. Berhenti Beraktivitas dan Duduk

Saat merasakan gejala, hentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan dan segera temukan tempat untuk duduk. Ini membantu tubuh Anda untuk rileks dan mengurangi tekanan pada perut yang dapat memperburuk gejala.

2. Pernapasan Diafragma

Mulailah dengan melakukan pernapasan diafragma, yaitu bernapas dengan menggunakan otot antara dada dan perut. Letakkan tangan di atas perut untuk memastikan diafragma Anda bergerak naik turun dan usahakan untuk menjaga napas agar tetap teratur.

Baca Juga: Catat! Ini 10 Cara Menahan Lapar saat Diet yang Paling Ampuh

3. Relaksasi Leher dan Bahu

Sambil melakukan pernapasan diafragma, cobalah untuk merilekskan area leher dan bahu. Ini membantu mengurangi ketegangan yang mungkin mempengaruhi pernapasan Anda.

4. Mengatur Posisi Tidur

Ketika akan tidur, cobalah posisi miring ke kiri atau tambahkan bantal di bawah kepala Anda agar lebih tinggi dari biasanya. Ini membantu mencegah asam lambung naik ke esofagus dan mengurangi gejala saat tidur.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Telat Makan untuk Kesehatan, Jadi Mudah Sakit

5. Pernapasan Bibir Mengerucut

Teknik ini melibatkan napas dalam melalui hidung yang diikuti dengan menghembuskan napas perlahan lewat bibir yang dibentuk seperti akan bersiul. Ini efektif untuk memperlambat dan mengontrol pernapasan, yang bisa sangat membantu saat Anda merasa sesak.

Nah, jika setelah mencoba teknik pernapasan tersebut Anda masih merasa sesak, segera minta bantuan untuk mencari perawatan medis.

Demikianlah pembahasan terkait ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas