Begini Ciri Daging Ayam Busuk yang Tidak Layak Dikonsumsi



MOMSMONEY.ID - Salah satu ciri utama daging ayam busuk adalah mengeluarkan aroma yang menyengat. Lalu, apa lagi ciri daging ayam busuk yang tidak layak konsumsi?

Daging ayam adalah sumber protein yang penting bagi kebanyakan masyarakat di seluruh dunia. Namun, keamanan dan kualitas daging ayam menjadi perhatian utama. 

Sebab, konsumsi daging ayam yang berpenyakit dan tidak layak konsumsi dapat berdampak serius pada kesehatan.


Baca Juga: Bakal Ada Bansos Daging Ayam dan Telur, Begini Rekomendasi Saham Emiten Poultry

Nah, artikel ini akan membahas ciri-ciri daging ayam yang berpenyakit dan tidak layak konsumsi, agar kita dapat membuat keputusan yang lebih bijak saat membeli dan mengonsumsi daging ayam.

Warna daging biru atau hijau

Melansir laman Titipku, daging ayam yang sehat biasanya memiliki warna merah muda atau putih tergantung pada jenis ayamnya.

Hindari daging ayam yang memiliki warna yang tidak biasa, seperti kebiruan atau kehijauan, karena ini dapat menjadi tanda adanya bakteri atau jamur yang berkembang pada daging tersebut.

Bau yang tidak lazim

Daging ayam yang segar seharusnya tidak memiliki bau yang menyengat atau bau yang tidak lazim. Bau asam, amis, atau anyir dapat menjadi indikator bahwa daging ayam telah terkontaminasi bakteri atau parasit dan membusuk.

Pastikan untuk selalu mencium daging sebelum membeli dan memasaknya.

Baca Juga: Kemenag Sebut Self Awareness Penting untuk Siapkan Pernikahan yang Harmonis!

Konsistensi yang aneh

Konsistensi daging ayam yang sehat seharusnya kenyal dan tidak lengket saat kita sentuh. Daging yang terasa licin atau lengket dapat menjadi tanda bahwa daging ayam telah busuk karena terkena kontaminasi bakteri atau jamur yang dapat membahayakan kesehatan.

Hindari mengonsumsi kondisi daging seperti ini karena bisa membawa penyakit bagi tubuh Anda dan keluarga.

Lemak yang berlebihan

Daging ayam yang sehat seharusnya memiliki jumlah lemak yang wajar. Lemak yang berlebihan atau adanya endapan lemak yang tidak biasa dapat menjadi tanda bahwa ayam tersebut tidak sehat atau diberi pakan yang tidak tepat.

Kondisi organ dalam

Jika membeli ayam utuh, periksa organ dalamnya. Organ dalam yang berwarna mencolok, punya bau yang tidak sedap, atau tekstur yang tidak biasa dapat menjadi indikator adanya penyakit pada ayam.

Oleh karenanya, hindari membeli produk ayam utuh yang kondisi organ dalam seperti ini.

Itu tadi cri-ciri daging ayam yang sudah mulai busuk dan tidak layak konsumsi, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta