KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Sebanyak 70,7% atau sekitar 191 juta jiwa penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Sebagian besar kelompok ini merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial. Artinya, Indonesia didominasi oleh penduduk yang kesehariannya sangat dekat dan memerlukan Informasi yang paling aktual melalui Internet. Pada tahun 2020, pengguna ponsel di Indonesia mencapai 345,3 juta dengan penetrasi akses ke Internet sebesar 73%. Para digital user ini berselancar di berbagai sektor platform yang ada, sebut saja e-commerce, edu-tech, health-tech, dan sebagainya. Mengingat jumlah pengguna aktif ini tak pelak jika peluang ekonomi digital Indonesia sangat terbuka lebar. Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia yang telah bertransformasi menjadi Digital Telco Company, sudah selayaknya Telkom mengambil bagian dalam menjawab tantangan akan kebutuhan informasi melalui Internet tersebut. Strategi yang digunakan Telkom dalam hal ini adalah dengan bermain di pasar data center.
Begini Jurus Telkom Perkaya Ekonomi Digital di Indonesia
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia. Sebanyak 70,7% atau sekitar 191 juta jiwa penduduk Indonesia berada pada usia produktif. Sebagian besar kelompok ini merupakan Generasi Z dan Generasi Milenial. Artinya, Indonesia didominasi oleh penduduk yang kesehariannya sangat dekat dan memerlukan Informasi yang paling aktual melalui Internet. Pada tahun 2020, pengguna ponsel di Indonesia mencapai 345,3 juta dengan penetrasi akses ke Internet sebesar 73%. Para digital user ini berselancar di berbagai sektor platform yang ada, sebut saja e-commerce, edu-tech, health-tech, dan sebagainya. Mengingat jumlah pengguna aktif ini tak pelak jika peluang ekonomi digital Indonesia sangat terbuka lebar. Sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia yang telah bertransformasi menjadi Digital Telco Company, sudah selayaknya Telkom mengambil bagian dalam menjawab tantangan akan kebutuhan informasi melalui Internet tersebut. Strategi yang digunakan Telkom dalam hal ini adalah dengan bermain di pasar data center.