Begini Upaya PNM untuk Terus Mendorong Kesejahteraan Nasabah dan Masyarakat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berhasil meraih 40 penghargaan bergengsi sebagai bentuk apresiasi dari berbagai pihak atas konsistensinya membiayai dan mendampingi ibu-ibu nasabah prasejahtera di Indonesia. 

Berbagai penghargaan diraih, terutama dalam kegiatan PNM membangun kesejahteraan nasabah dan masyarakat terkait dengan peningkatan kualitas pilar SDGs, baik pilar ekonomi, pilar sosial dan pilar lingkungan tak terkecuali penghargaan dalam bidang CSR dan program pemberdayaan perempuan. 

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menyampaikan bahwa tercatat dari 15,2 juta nasabah aktif PNM sudah dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan seperti edukasi dan pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal kepada 1 juta nasabah selama 2023 ini. 


Tidak hanya itu, PNM telah mendirikan 37 Ruang Pintar yang memiliki tujuan dalam mengurangi jurang digital anak Indonesia.

Baca Juga: Pembiayaan untuk Sepeda Listrik Sedang Dijajaki Mandala Finance

"Membina pelaku usaha ultra mikro yang notabene masih memiliki tantangan dalam literasi digital perlahan PNM dampingi untuk selangkah lebih maju," kata dia dalam keterangannya, Jumat (26/1). 

Sejak sinergi Holding Ultra Mikro dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk dan PT Pegadaian, PNM berhasil mengajak 64 ribu nasabah dari target 60 ribu nasabah menjadi debitur digital melalui UMi Corner. Pencairan cashless juga sudah diimplementasikan kepada 98,38% nasabah yang pada tahun sebelumnya masih konvensional.

Capaian ini yang kemudian memicu apresiasi dari berbagai pihak kepada PNM sebagai lembaga pembiayaan dan pendampingan melalui group lending di Indonesia. 

Bahkan capaian pentingnya PNM telah menjadi group lending terbesar di dunia dan lembaga pemberdayaan perempuan terbesar di dunia melewati Grameen Bank. 

Editor: Tendi Mahadi