BEI Cabut Suspensi Saham Sejahteraraya (SRAJ) dan Xolare Energy (SOLA)



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) mencabut suspensi untuk saham PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ) dan PT Xolare RCR Energy Tbk (SOLA). Sehingga saham keduanya bisa diperdagangkan kembali di Pasar Reguler dan Pasar Tunai mulai Sesi I pada Selasa, 28 Mei 2024.

Informasi itu termuat dalam pengumuman bursa tertanggal 27 Mei 2024 yang ditandatangani oleh Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Yulianto Aji Sadono dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A.

Bagi saham SOLA, suspensi yang diberikan BEI tidak berlangsung lama. Kemarin, BEI melakukan penghentian sementara perdagangan saham SOLA pada perdagangan 27 Mei 2024.


Suspensi diberikan kepada saham SOLA sehubungan dengan penurunan harga kumulatif yang signifikan. Sehingga BEI memandang perlu melakukan cooling down sebagai bentuk perlindungan bagi investor.

Baca Juga: Kinerja Emiten Rumah Sakit Masih Prospektif, Cek Rekomendasi Sahamnya

Sedangkan saham SRAJ sudah disuspensi sejak perdagangan 20 Maret 2024. Berbeda dari SOLA, BEI menghentikan sementara perdagangan saham SRAJ lantaran terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Sekadar mengingatkan, harga saham emiten Rumah Sakit Mayapada ini mulai menanjak sejak awal tahun 2024 dan meroket pada bulan Maret hingga ke level Rp 1.715 per saham. Secara year to date, harga saham SRAJ mengakumulasi lonjakan 471,67%.

Sementara SOLA mengalami penurunan harga yang signifikan. Emiten yang baru listing pada 8 Mei 2024 ini sempat melejit ke harga Rp 252 per saham, sebelum ambles hingga ke level Rp 64 per saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi