BEI: Satu Anggota Bursa Siap Jadi Penerbit Waran Terstruktur



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengantongi satu nama anggota bursa (AB) yang siap menjadi penerbit waran terstruktur. Penambahan jumlah penerbit ini diharapkan dapat mendorong likuiditas dan jumlah investor. 

Teranyar, PT Korea Investment and Sekuritas Indonesia resmi menjadi penerbit waran terstruktur atau issuer. Dus, anggota bursa dengan kode broker BQ ini menjadi penerbit waran terstruktur keempat di Indonesia. 

Perusahaan sekuritas yang dikenal dengan KISI ini telah menerbitkan satu seri waran terstruktur dengan underlying saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan telah tercatat di Bursa pada 2 Juli 2024.


Baca Juga: Penerbit Waran Terstruktur Bertambah, Begini Respon Para Pemain Lama

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik menyampaikan ada satu anggota bursa yang akan menjadi penerbit waran terstruktur dalam waktu dekat ini. 

Jika berjalan lancar, total AB penerbit waran terstruktur di pasar modal Indonesia akan mencapai lima penerbit. Dengan demikian, total penerbit produk derivatif ini sudah melampai negara tetangga. 

“Dengan demikian, jumlah penerbit waran terstruktur di Indonesia sudah mendekati Malaysia, yakni tujuh penerbit dan melampaui Singapura yang hanya ada satu penerit ,” kata Jeffrey kepada Kontan, Rabu (10/7). 

Baca Juga: Produk Bertambah, Transaksi Waran Terstruktur Ramai

Menurutnya dengan semakin bertambahnya penerbit dapat mendorong nilai transakasi dan jumlah investor waran terstruktur. Selain itu, BEI juga berupaya untuk meningkatkan likuiditas dan investor waran terstruktur. 

Di antaranya, membuat program investor reward, perluasan underlying waran terstruktur. Kemudian perpanjangan insentif biaya transaksi dan menggodok kesiapan put waran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli