KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan aktivitas ekonomi pada paruh kedua tahun ini diproyeksikan akan meningkatkan belanja iklan nasional. Kinerja PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) diyakini akan mendapatkan katalis positif dari sentimen tersebut. Analis Samuel Sekuritas Muhammad Farras mengatakan, ekspektasi dan potensi pemulihan ekonomi akan berdampak positif karena pada akhirnya akan ikut meningkatkan belanja iklan nasional, terutama dari perusahaan barang konsumsi fast moving consumer goods (FMCG). Walau begitu, dia menegaskan bahwa belanja iklan nasional telah membaik pada semester pertama 2021 sering adanya belanja iklan yang masif dari perusahaan teknologi. “Untuk di paruh kedua tahun ini, potensi belanja iklan dari perusahaan FMCG akan meningkat, tapi pertumbuhan tetap ada dari perusahaan teknologi,” kata Farras kepada Kontan.co.id, Senin (25/10).
Baca Juga: Saham ADRO ROTI JRPT SCMA akan di-buyback, ini rekomendasi untuk investor Lebih lanjut, Farras melihat kenaikan belanja iklan tersebut pada akhirnya akan berdampak positif dan ikut mendorong pendapatan SCMA pada tahun ini. Apalagi, saat ini pendapatan belanja iklan itu masih punya kontribusi 80% dari total top line SCMA. Di satu sisi, SCMA masih akan berkompetisi ketat dengan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) untuk kue belanja iklan tersebut. Pasalnya, berdasarkan data advertising share saat ini, ia bilang posisi MNCN masih di atas SCMA. Sementara untuk tahun depan, Farras melihat pendapatan SCMA masih akan ditopang oleh belanja iklan. Hanya saja, dia melihat potensi dari Vidio yang sejauh ini merupakan pendorong pertumbuhan SCMA dan akan menjadi salah satu senjata SCMA untuk berkompetisi di era digital ini. Baca Juga: Surya Citra Media (SCMA) berencana stock split, begini rekomendasi sahamnya
SCMA Chart by TradingView