KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Era penjualan mobil secara daring lewat e-commerce besar akan segera dimulai. Amazon yang memulai bisnisnya jualan buku secara online, kini melakukan inovasi dengan merambah penjualan mobil. Raksasasa e-commerce ini akan menjual mobil di platformnya mulai semester II tahun 2024. Merek mobil pertama yang akan dijual adalah Hyundai. Sementara merek lainnya akan menyusul pada akhir tahun depan. Amazon dan Hyundai mengumumkan kerjasama baru tersebut pada perhelatan LA Auto Show 2023 pada Kamis (16/11). Kerjasama tersebut merupakan perluasan dari kesepakatan pembukaan showroom digital Hyundai di Amazon.com yang dilakukan dua tahun lalu.
Lewat fitur penjualan mobil Alibaba, pembeli akan dapat memilih model dari inventaris lokal dan memilih opsi pembiayaan dari situs Amazon. Kemudian mereka dapat mengambil mobil dari dealer atau mengirimkannya ke rumah mereka.
Baca Juga: Meta Platform Luncurkan Fitur Edit Video Berbasis AI “Pengalaman berbelanja baru ini akan menciptakan cara lain bagi dealer untuk membangun kesadaran akan pilihan mereka dan menawarkan kenyamanan kepada pelanggan,” kata Amazon dalam keterangan resminya seperti dilansir Bloomberg, Jumat (17/11). Artinya, kerjasama antara Amazon dan Hyundai tersebut juga melibatkan dialer di dalamnya. Amazon telah memperkenalkan berbagai fitur selama bertahun-tahun yang bertujuan menarik pelanggan untuk mempertimbangkan membeli dan memperbaiki kendaraan. E-commerce ini memiliki fitur Your Garage yang menyimpan merek dan model mobil agar pelanggan lebih mudah menemukan suku cadang dan aksesori. Pembeli juga dapat membeli ban di Amazon dan sekaligus bisa menghubungkan pembeli dengan layanan pemasangan lokal. Selain sudah menjual aksesoris mobil, Amazon tercatat telah mengoperasikan situs Amazon Vehicle Showrooms yang memungkinkan produsen untuk beriklan. Namun hingga saat ini, pelanggan belum bisa benar-benar membeli mobil atau truk lewat situs itu.
Baca Juga: Hyundai Tambah 4 Showroom Baru di Area Jawa Tengah Hyundai berharap platform Amazon akan membantu penjualan jus, namun mereka akan terus menggunakan model dealer karena peran penting yang mereka mainkan dalam layanan kendaraan, kata seorang juru bicara. Mike Sullivan, presiden dan pemilik beberapa dealer di wilayah Los Angeles menyambut baik kerjasama Amazon dengan Hyundai tersebut. Dengan kerjasama itu, kata dia, kini dialer memiliki mitra e-commerce terbesar di dunia. Menurutnya, Amazon akan membantu para dealer menjankau pasar yang lebih luas. Amazon juga menghadirkan jangkauan dan kekuatan pemasaran yang luas untuk terhubung dengan lebih banyak pelanggan. “Amazon telah memimpin dalam memberikan kenyamanan pelanggan. Kini mereka akan membantu kami membawa pengalaman pelanggan kami ke tingkat berikutnya," ujar Sullivan.
Editor: Dina Hutauruk