Belum Banyak Dikunjungi Turis Internasional, Ini Alasan Menyusuri Jeddah



MOMSMONEY.ID - Saudi, yang terkenal dengan peradaban kuno dan keragaman budayanya, menyimpan banyak hal menarik yang mungkin belum banyak orang ketahui. Salah satunya adalah Historic Jeddah.

Terletak di pusat kota, tempat ini memadukan sejarah masa lalu dan kehidupan masa kini. Pada tahun 2014, Historic Jeddah dinobatkan sebagai salah satu dari delapan Situs Warisan Dunia UNESCO yang berada di Saudi.

Kota ini  terkenal dengan jalan berliku dan lorong-lorong kecil yang dikelilingi dengan berbagai bangunan yang terbuat dari batu karang. Banyak dari bangunan ini telah diperbaiki untuk mempertahankan keindahan balkon kayu mereka, atau yang lebih dikenal sebagai Rawasheen.


Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus mengunjungi Historic Jeddah dan merasakan kembali suasana abad ke-7 – Selamat datang di Jantung Arabia:

Jelajahi Keindahan Sejarah yang Menakjubkan

Saat menjelajahi jalan berbatu dan berliku, Anda akan merasa seperti memasuki sebuah museum hidup. Menara berumur 400 tahun dan pintu-pintu yang dipahat dengan indah menceritakan kisah  masa lalu yang penuh warna. Arsitektur Hijazi yang khas, dengan batu karang, pahatan kayu, dan balkon kotak Roshan, menggambarkan kehidupan para pedagang zaman dahulu yang pernah hidup di kota ini.

Sebagai pusat budaya dan sejarah, Jeddah adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan budaya setempat. Kota berubah menjadi hidup di malam hari, terutama di Kafe Historic Nights Rooftop, di mana Anda dapat menikmati pemandangan matahari terbenam sambil melihat barang-barang antik.

Baca Juga: Cara Menyimpan Instagram Story Secara Otomatis di HP

Anda dapat mengunjungi pasar Souk Al Alawi, yang merupakan pasar tertua di Jeddah, untuk berburu barang-barang unik. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai hal, seperti barang-barang yang terbuat dari kulit, parfum Arab, hingga perhiasan dan pakaian tradisional.

Bila Anda tertarik untuk memahami lebih dalam sejarah daerah ini, Anda dapat mengunjungi Bait Baeshen, sebuah pusat kebudayaan yang dahulu merupakan tempat berkumpulnya tokoh-tokoh penting Jeddah.

Tempat ini memiliki keindahan arsitektur tradisional yang megah serta Rawasheens yang mempesona. Di dalamnya, Anda dapat menemukan kerajinan tangan yang indah, dokumen bersejarah, foto-foto langka, dan manuskrip yang menceritakan tentang sejarah masa lalu.

Nikmati Kehidupan Malam di Jeddah

Jeddah juga memiliki kehidupan malam yang semarak. MDLBeast, perusahaan hiburan musik terkemuka di Saudi, menyelenggarakan acara mingguan untuk para pecinta musik dan hiburan malam di Balad Social di Bait Zainal, tepat di pusat Kota Tua.

Dengan pemandangan menakjubkan dan musik pilihan dari DJ lokal dan internasional terbaik, acara ini menawarkan pengalaman kehidupan malam yang tak terlupakan. Tahun ini, Jeddah telah kedatangan musisi kelas dunia seperti Wu Tang Clan, Ty Dolla $ign, dan Seth Troxler. Hal ini semakin mengukuhkan Historic Jeddah ini sebagai pusat musik dan budaya.

Negara yang aman

Saudi adalah salah satu negara teraman di dunia, bahkan menduduki peringkat teratas di antara negara- negara G20. Keramahan dan kepedulian terhadap satu sama lain telah menjadi bagian penting dari budaya Saudi, menjadikan Jeddah sebagai tempat yang memadukan keindahan tradisi dengan sentuhan modern yang unik. Di sini, Anda akan disambut dengan kehangatan penduduk lokal dan tetap merasa tenang saat menjelajahi kota di tengah keramaian.

Baca Juga: Mengenal Saudi Sebagai Situs ke-8 dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO

Saudi mungkin menjadi destinasi yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan internasional. Namun, dengan kekayaan sejarah dan pesona metropolitan-nya, Jeddah adalah tempat yang ideal untuk menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Anda dapat menceritakan pengalaman menarik kepada teman-teman atau menambah koleksi foto atau video di Instagram dan TikTok Anda.

Anda tidak perlu pergi jauh dari kota untuk menikmati keindahan laut Saudi yang jernih dan pantai berpasirnya. Jeddah memiliki beberapa tempat menyelam kelas dunia dengan terumbu karang yang mempesona dan kehidupan laut yang unik. Ada berbagai aktivitas seru di sini - mulai dari scuba diving, bertualang menyusuri bangkai kapal, menyewa perahu atau jet ski, hingga bersantai di klub pantai seperti Shades Beach yang sangat populer di kalangan penduduk lokal.

Pilihan menginap

Untuk pengalaman yang benar-benar autentik, menginaplah di Beit Jokhdar, sebuah hotel butik yang baru dibuka tahun ini. Dahulu, bangunan ini merupakan rumah keluarga yang telah lama berdiri. Hotel ini kemudian dirancang ulang oleh tim sejarawan, arsitek, tukang kayu, dan seniman lokal. Setiap sudutnya dipenuhi dengan barang-barang asli daerah tersebut. Selain menginap, Anda juga dapat mencoba masakan lokal yang menggugah selera di restorannya dan bersantai di teras sambil menikmati kopi Saudi.

Jeddah adalah rumah bagi Assila, art hotel pertama di Saudi. Untuk merayakan kekayaan seni negara ini, Assila menampilkan lebih dari 2.000 karya asli dari seniman lokal. Dirancang dengan gaya modern dan elegan, hotel ini memadukannya dengan interior khas Arab, seperti karpet bergambar yang cerah, karpet anyaman yang khas, dan lentera gantung yang indah.

Baca Juga: Buat Pecinta Kopi, Cobain 6 Kopi Khas Dari Negara Lain Ini Yuk

Untuk pengalaman budaya yang modern namun autentik, Anda dapat menginap di Shada Hotel Al Shatea, sebuah hotel butik ini menawarkan suasana hangat dan ramah. Terletak hanya beberapa langkah dari Corniche, hotel ini memadukan desain kontemporer dengan elemen budaya yang kuat.

Hotel ini juga berkolaborasi dengan seniman dan perancang interior lokal untuk mengisi ruang public dan kamar hotel dengan sentuhan tradisi Saudi, menciptakan ruangan yang modern sekaligus kaya akan budaya.

Bagi wisatawan yang mencari kemewahan modern, Edition Hotel di Jeddah Waterfront adalah tempat yang tepat, karena terletak di samping Jeddah Yacht Club & Marina dan sirkuit F1.

Perjalanan ke Jeddah kini lebih mudah daripada sebelumnya. Dengan penerbangan langsung dari berbagai kota di Saudi setiap hari dan penerbangan langsung dari Jakarta yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia, Saudia Airlines, dan Lion Air.

Program eVisa Saudi kini mencakup 66 negara, dengan persetujuan langsung untuk wisatawan Indonesia yang memegang visa UK, US, atau Schengen. Selain itu, Visa Singgah juga memungkinkan wisatawan yang menggunakan Saudia dan Flynas untuk menikmati hingga 96 jam di Saudi — ideal untuk perjalanan singkat atau beristirahat di antara penerbangan.

Baca Juga: Berikut Empat Destinasi Wisata Menarik di Arab Saudi

Selanjutnya: Cermati Rekomendasi Saham CMRY, ISAT, MARK dan BMRI untuk Jumat (27/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani