Benarkah Vertigo Disebabkan Asam Lambung Naik? Ini Faktanya



MOMSMONEY.ID - Sering dikaitkan, benarkah vertigo disebabkan oleh asam lambung naik? Simak penjelasannya di sini, yuk!

Vertigo adalah kondisi yang menyebabkan seseorang merasa seolah-olah dirinya atau sekitarnya berputar, yang sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan bahkan menderita.

Sementara itu, naiknya asam lambung atau refluks asam lambung adalah kondisi di mana isi lambung mengalir kembali ke esofagus, sehingga menyebabkan sensasi terbakar atau nyeri di dada yang dikenal sebagai heartburn.


Baca Juga: Jus Penurun Berat Badan Paling Ampuh, Coba Konsumsi Yuk!

Banyak yang bertanya-tanya, apakah ada kaitan langsung antara kedua kondisi tersebut atau tidak. Benarkah vertigo disebabkan oleh asam lambung naik?

Menurut dokter dan ahli medis, gangguan lambung dan vertigo sebenarnya tidak saling berhubungan secara langsung.

Vertigo biasanya terjadi karena masalah pada telinga atau otak yang membuat seseorang merasa seolah-olah lingkungan di sekitarnya berputar, bukan disebabkan oleh masalah pada lambung.

Dikutip dari Klik Dokter, sebagian besar kasus vertigo terjadi akibat masalah di telinga. Misalnya, jika terdapat bagian telinga dalam yang bermasalah, seperti makula yang lepas, ini dapat menyebabkan sensasi pusing yang berputar.

Meskipun demikian, banyak orang mengira bahwa gangguan lambung bisa menyebabkan vertigo.

Ini karena gejala seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, dan sesak napas yang diakibatkan oleh gangguan lambung juga seringkali disertai pusing. Pusing ini sering salah diartikan sebagai vertigo oleh orang awam.

Baca Juga: Bisa Turunkan LDL di Tubuh, Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kolesterol Ini yuk

Dalam beberapa kasus, gangguan lambung yang terkait dengan hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah bisa membuat seseorang mengalami pusing dan pandangan yang kabur. Keadaan ini pun bisa disalahartikan sebagai vertigo.

Selain itu, ada kondisi yang dinamakan vertigo yang diinduksi gastritis. Ini adalah keadaan di mana peradangan pada dinding lambung, yang disebut gastritis, yang menyebabkan perasaan pusing atau ketidakseimbangan. Hal ini kemudian sering dihubungkan dengan terjadinya vertigo.

Jadi, benarkah vertigo disebabkan oleh asam lambung naik? Vertigo tidak disebabkan oleh asam lambung, ya. Secara medis, keduanya tidak terkait langsung. Memang, asam lambung yang naik bisa menyebabkan pusing, tapi itu bukan berarti vertigo.

Jika Anda mengalami masalah lambung yang menyebabkan pusing atau sakit kepala, lebih baik fokus mengobati lambung dulu daripada terburu-buru minum obat vertigo. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas