Bentoel Group Perkuat Komitmen ESG di IDX Channel ESG Conference 2024



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pada acara IDX Channel ESG Conference yang digelar Rabu (14/8), Bentoel Group menegaskan komitmennya terhadap prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG). 

Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut menjadi salah satu panelis dalam diskusi bertema "How Can Companies Generate Value through Sustainability Action", bersama perwakilan dari PT PLN (Persero), PT Kalbe Farma Tbk., dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Dalam diskusi tersebut, William menekankan pentingnya ESG dalam operasional bisnis Bentoel Group, sejalan dengan target BAT Group untuk mencapai status NET Zero karbon pada tahun 2050. 


Baca Juga: Bentoel Group Umumkan Komitmen Green Mobility

Upaya ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif seperti pengurangan, penggunaan ulang, dan daur ulang di seluruh lini bisnis perusahaan. 

William juga memaparkan beberapa capaian ESG Bentoel Group yang melebihi target perusahaan induk serta kompetitor, di antaranya: Pengurangan emisi karbon Scope 1 dan 2 sebesar 83% pada 2023 dibandingkan dengan baseline tahun 2020. Kemudian aur ulang 94% sampah operasional. Serta pengurangan penggunaan air hingga 75%.

Menanggapi tren perubahan konsumen, William menyatakan bahwa Bentoel Group tengah berinovasi dengan memperkenalkan produk-produk alternatif seperti rokok elektronik dan vape. 

"Meskipun produk-produk ini tidak bebas risiko, mereka memiliki potensi risiko yang lebih rendah dibandingkan rokok konvensional, didukung oleh berbagai penelitian internal dan lembaga independent," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers, Senin (19/8).

Baca Juga: Bentoel Internasional (RMBA) Fokus Ekspansi Kapasitas Produksi dan Ekspor Tahun Ini

Sebagai bagian dari komitmen untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, Bentoel Group meluncurkan kampanye "Bangun Bangsa" yang berfokus pada empat pilar: pengurangan emisi karbon, pengelolaan sumber daya air, pengolahan limbah, dan penciptaan dampak sosial positif melalui pengembangan UMKM inklusif.

Sebelumnya, Bentoel Group juga meraih penghargaan khusus di sektor Barang Konsumen Primer pada IDX Channel Anugerah ESG 2024 yang diadakan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (25/7), dengan tema "Komitmen Menjalankan Strategi ESG Terintegrasi".

Selanjutnya: Phil Donahue, Pelopor Talk Show Siang Hari Meninggal di Usia 88 Tahun

Menarik Dibaca: 10 Urutan Makeup yang Benar untuk Pemula, Flawless dan Tahan Lama!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli