MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat yang tengah diterapkan pemerintah, otomatis membuat semua kegiatan kita sehari-hari harus dilakukan lewat online. Salah satunya melalui aplikasi di perangkat smartphone alias gawai. Namun, kehadiran teknologi itu juga bisa mendatangkan beberapa dampak buruk bagi pengguna gawai. Salah satunya adalah pemakaian gawai yang berkepanjangan pada anak-anak dan balita. Dilansir dari laman milik Asosiasi Optometri Amerika, balita yang terlalu sering menggunakan gawai bisa mengalami hambatan dalam perkembangan kemampuan motorik seperti menulis.
- Usia < 18 bulan: batasi pemakaian gawai untuk berkomunikasi dengan orang dewasa, misalnya video call dengan orang tua.
- Usia 18-24 bulan: batasi pemakaian gawai untuk menonton konten edukasional dengan pengawasan orang dewasa, misalnya pengasuh atau orang tua.
- Usia 2-5 tahun: batasi waktu menonton konten non-edukasional sebanyak 1 jam saat hari sekolah dan 3 jam saat akhir pekan.
- Usia 6 tahun ke atas: ajak anak melakukan kebiasaan sehat seperti berolahraga dan batasi aktivitas yang melibatkan gawai.
- Bila perlu, terapkan aturan tanpa gawai atau no gadget saat sedang kumpul bersama keluarga.
- Pelajari fitur kontrol orang tua atau parental controls yang ada di gawai. Fitur ini bisa berupa pembatasan konten sampai penguncian aplikasi tertentu.
- Hindari menggunakan gawai sebagai alat untuk meredakan tantrum atau mengalihkan perhatian anak.
- Usia 0-1 tahun: pemakaian gawai sama sekali tidak direkomendasikan.
- Usia 2 tahun: pemakaian gawai hanya dibatasi maksimal 1 jam sehari, kurang dari itu lebih baik.
- Usia 3-4 tahun: pemakaian gawai dibatasi maksimal 1 jam sehari.
- Usia < 1 tahun: melakukan aktivitas fisik beberapa kali sehari, misalnya dengan bermain selama kira-kira 30 menit sehari.
- Usia 1-2 tahun: melakukan berbagai macam aktivitas fisik dengan total waktu 3 jam per hari.
- Usia 3-4 tahun: melakukan berbagai macam aktivitas fisik dengan total waktu 3 jam per hari, termasuk 1 jam untuk aktivitas yang intensitasnya sedang.