Berawal dari Perbaikan AC, Berikut Kronologi Ledakan di Semen Padang Hospital



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ledakan terjadi di Semen Padang Hospital (SPH), Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (30/1/2024) sore. 

Kapolresta Padang Kombes Ferry Harahap mengatakan, kejadian ini berawal saat pekerja sedang memperbaiki AC sentral di lantai tujuh rumah sakit. 

Diduga, saat istirahat, pekerja lupa mematikan gas yang menjadi sumber energi untuk melakukan las perbaikan AC sehingga terjadi ledakan. 


Baca Juga: Ledakan Terjadi di Semen Padang Hospital, Para Pengunjung Berhamburan Keluar

"Yang terjadi adalah di lantai tujuh sedang dilakukan perbaikan AC, sedang melakukan las-las. Dia istirahat, pekerjanya, sehingga meninggalkan (pekerjaan). Mungkin lupa gas las ditutup dan mengakibatkan meledak enam unit outdoor sentral AC," kata Ferry dikutip dari KompasTV. 

"Karena AC rumah sakit sentral, dia mengakibatkan menjalar, meledaknya lantai satu di ruang pelayanan, tepat di depan lift," kata Ferry menambahkan. 

Ferry memastikan bahwa ledakan bukan karena bom. "Ini bukan bom, tidak ada ledakan bom," kata Ferry. 

Baca Juga: Dalam Waktu Dekat Pertamedika IHC Akan IPO

Saat ini, seluruh pasien sedang dipindahkan ke rumah sakit lain karena operasional Semen Padang Hospital dihentikan sementara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kronologi Ledakan di Semen Padang Hospital, Berawal dari Perbaikan AC"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli