Berdiri sejak 1980, Restoran Rindu Alam di Puncak Bogor kini resmi tutup



KONTAN.CO.ID - BOGOR. Setiap pengendara yang melintasi Jalan Raya Puncak pasti akan menemukan Restoran Rindu Alam.

Restoran yang berada di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini kerap menjadi pilihan pengendara untuk singgah.

Kabar terbarunya, restoran yang dibuka sejak puluhan tahun lalu itu ternyata kini sudah tutup alias tak beroperasi lagi.

Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1980 dan kerap menjadi langganan wisatawan yang berkunjung ke kawasan puncak tampaknya hanya tinggal kenangan.

"Iya (tutup), sudah dari kemarin, Kamis tanggal 20 (Februari 2020)," kata Adam Adjie saat dihubungi TribunnewsBogor.com via sambungan telepon, Senin (24/2).

Baca Juga: Kebijakan contraflow diberlakukan mulai dari jalan tol Jagorawi menuju arah Ciawi

Banyak cerita dari perjalanan Restoran Rindu Alam yang berdiri diatas ketinggian 1.443 meter di atas permukaan laut (Mdpl) itu.

Tak hanya warga biasa yang mampir ke Restoran Rindu Alam, namun dari mulai artis, pejabat hingga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) dikabarkan pernah mampir untuk mencicipi makanan di restoran tersebut.

Tak heran, jika Restoran Rindu Alam seolah menjadi salah satu icon di kawasan puncak.

Bahkan, karyawannya ada yang sampai sudah memiliki cucu dan masih bekerja di restoran tersebut.

Restoran legendaris Rindu Alam Puncak Bogor pertama kali dibangun pada tahun 1979 oleh Letnan Jenderal TNI Ibrahim Adjie dan baru mulai beroperasi sekitar tahun 1980-an.

Cucu ke-2 sang pendiri Rindu Alam, Adam Adjie mengatakan bahwa penutupan Restoran Rindu Alam ini berkaitan dengan habisnya masa kontrak.

Baca Juga: Jalur Bogor-Puncak ditutup saat malam Tahun baru, cek jadwal penutupannya

Menurutnya, saat ini pihaknya masih mengurus perpanjangan izin Restoran Rindu Alam.

Sehingga, jika izinnya diberikan oleh instansi terkait maka Retoran Rindu Alam akan kembali beroperasi.

"Memang sudah habis sih (kontrak), memang lagi diurusin lagi, cuman memang lagi pelan-pelan aja. Tutup sementara dulu aja, kalau memang dikasih izinnya ya kita buka lagi, kami ngikutin peraturan aja. Urus izinnya ke Provinsi (Jabar)," kata Adam Adjie.

Dia menjelaskan bahwa status tanah yang ditempati Restoran Rindu Alam kini dalam status quo atau dibekukan.

"Siapapun bisa ngurusin izin sekarang, maksudnya statusnya status quo sekarang, siapapun bisa (urus izin) dan gak boleh ada aktivitas di sana dulu, jadi beneran kosong," ujar Adam.

Editor: Yudho Winarto