Bergerak mendatar



JAKARTA. Mayoritas bursa acuan regional menghijau. Senin (16/9),  Straits Times Index, Singapura menguat 1,9% ke 3.179,48. Begitu juga dengan indeks Hang Seng naik 1,47% ke 23.252,41. Karena itu, MSCI Asia Pacific juga naik 1,6% ke 464,48.

Analis Trust Securities, Yusuf Nugraha menilai, sentimen positif regional berasal dari pemilihan gubernur baru The Fed di Amerika Serikat (AS). "Ini terkait mundurnya calon gubernur The Fed yang dicalonkan Presiden Barack Obama, yaitu Lawrence Summers," ujar dia.

Summers tidak didukung oleh pelaku pasar karena menginginkan pengurangan stimulus secara agresif. Kondisi ini berseberangan dengan calon Gubernur The Fed lain yaitu Janet Yellen yang masih moderat terhadap pengurangan stimulus.


Analis Panin Sekuritas, Purwoko Sartono menilai, data ekonomi global juga mendukung pergerakan positif bursa regional. Data penjualan ritel Amerika di bulan Agustus 2013, misalnya, naik 0,2%, meskipun masih di bawah konsensus 0,5%.

Hari ini, Yusuf memperkirakan, bursa regional akan bergerak mendatar. Pelaku pasar masih menunggu hasil keputusan rapat The Fed yang berlangsung selama dua hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana