Berharap Lolos 16 Besar FIDE World Cup, Medina Minta Doa Pencinta Catur Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. International Master (IM) Medina Warda Aulia (2355) siap memperbarui rekor yang baru saja diukirnya pada ajang Piala Dunia Catur (FIDE Women's World Cup) 2023 di Baku, Azerbaijan.

Apabila Medina bisa mengatasi perlawanan IM Alina Bivol (Rusia) di game kedua babak ketiga yang berlangsung Minggu (6/8) mulai pukul 18:00 WIB, maka perempuan kelahiran 7 Juli 1997 itu kembali mencetak sejarah karena lolos ke babak keempat (16 besar) FIDE Women's World Cup.

Jika minimal bisa menahan remis Alina Minggu ini, maka Medina merupakan pecatur wanita pertama Indonesia yang mampu lolos ke babak keempat FIDE Women's World Cup. Tiga hari lalu (3/8), Medina mencatatkan namanya sebagai pecatur perempuan Indonesia yang pertama kali menembus babak ketiga FIDE Women's World Cup. 


Pada game pertama babak ketiga, Sabtu (5/8), Medina bermain dengan buah hitam dan tampil solid dengan pembukaan Italia. Alina yang memiliki rating 2371 memulai permainan dengan mendorong pion di depan raja e4. Medina menjawabnya dengan menempatkan pion e5. Alina menjalankan kuda f3, dibalas Medina dengan kuda c6. Kemudian Alina memainkan gajah c4. 

Medina perlahan mulai unggul setelah Alina menjalankan pion h4 di langkah ke-16. Medina merangsek pertahanan lawan dengan memainkan kuda f4. Alina menukarkan gajahnya dengan memakan kuda f4. Medina membalas dengan pion memakan gajah f4 di langkah ke-17. Posisi pion Medina cukup kuat dan terus mendominasi permainan. 

Dengan menempatkan pion di petak c4 dan f4, Medina mengurung raja lawan sehingga Alina tak bisa melakukan rokade. Hingga akhirnya, pion Medina terus masuk ke pertahanan lawan di petak d3.

Di langkah ke-49, Alina menyerah karena rajanya sudah tak berdaya dengan ancaman check mate. Medina menang dengan skor sementara 1-0.

Ketika keluar ruang pertandingan usai mengalahkan Alina Bivol di game pertama, Medina meminta doa para pencinta catur di tanah air agar bisa berbuat maksimal pada game kedua Minggu sore (6/8) hari ini. "Doakan ya semuanya biar besok (Minggu) paling tidak bisa remis," tutur Medina, seperti ditirukan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem, yang mendampinginya selama pertandingan di Baku, Azerbaijan, Sabtu (5/8).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro