Berhasil Gaet 399 UMKM, Pupuk Kaltim Kembangkan Marketplace Lokal Borneo Online Store



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mendorong pengembangan ekonomi masyarakat melalui inisiasi marketplace lokal, Borneo Online Store (Borneos.co).

Sejak mulai beroperasi pada tahun 2022, Borneos.co berhasil menjalin kerja sama dengan 399 mitra UMKM lokal.

Marketplace ini menjadi salah satu pilar ekonomi digital di Bontang, Kalimantan Timur, yang fokus memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berkat sinergi ini, Borneo Online Store telah mencatatkan lebih dari 10.000 transaksi per bulannya.


Baca Juga: Pupuk Indonesia Teken Kontrak Jual Beli Gas Demi Mengamankan Produksi Pupuk

Vice President Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pupuk Kaltim Sugeng Suedi mengatakan, Marketplace Borneos.co merupakan hasil pengembangan dari program Bazar Online yang pertama kali digagas oleh Pupuk Kaltim.

Program ini dicanangkan untuk membantu pelaku UMKM untuk dapat tetap beroperasi dan menghasilkan pendapatan saat pemerintah memberlakukan pembatasan aktivitas di masa pandemi Covid-19.

Melihat kesuksesan program Bazar Online, Pupuk Kaltim melihat potensi lebih besar yang bisa dimanfaatkan, dan itulah awal mula lahirnya Borneo Online Store.

“Dengan capaian positif yang berhasil diraih hingga saat ini, kami berharap bisa terus mendukung pelaku UMKM untuk semakin go digital melalui layanan Borneos.co,” ungkap Sugeng, dalam siaran pers, Kamis (12/10).

Lebih lanjut dia menyembutkan, salah satu faktor kesuksesan utama Borneo Online Store adalah keberagaman produk dan layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Tandatangani PJBG dengan Genting Oil, Pasokan Gas Aman 17 tahun ke Depan

Borneo Online Store memiliki lebih dari 3.000 produk dari berbagai kategori, seperti makanan dan minuman, kerajinan dan kriya, retail, fesyen, kesehatan, agrobisnis serta pariwisata.

Tidak hanya itu, Borneo Online Store juga berkolaborasi dengan para kurir lokal dengan tujuan agar dapat memastikan pengiriman produk yang cepat dan efisien kepada pelanggan sekaligus membuka peluang kerja dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) lokal.

Ke depannya, harap Sugeng, Borneo Online Store ini dapat berkembang lebih besar lagi dan mampu menjangkau wilayah yang lebih luas tidak hanya di kota Bontang, namun di kota lain baik di wilayah provinsi Kalimantan Timur maupun tingkat nasional.

“Borneo Online Store dan Pupuk Kaltim telah membuka jalan bagi UMKM di Bontang untuk meraih sukses dalam ekonomi digital, dan ini adalah langkah positif yang patut diapresiasi,’ tutup Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto