KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank OCBC NISP menyelenggarakan
‘#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat’, sebuah ekosistem kolaboratif untuk mendukung pelaku UMKM terus #MelajuJauh dalam berkontribusi pada perekonomian nasional. Bank OCBC NISP bekerjasama dengan Kompas Gramedia Group menggelar serangkaian program, mulai dari webinar, networking dan bootcamp, yang bertujuan tidak hanya menginspirasi, namun juga memberikan solusi praktis tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital,
marketing, branding, financial dan
funding. Melalui kegiatan ini, Bank OCBC NISP menyasar lebih dari 1.500 pelaku UMKM dari berbagai provinsi di Indonesia untuk mengikuti program yang pertama, yakni Webinar dengan tema
“Jurus Membangun Bisnis 4 Sehat, 5 Sempurna”. Bank OCBC NISP secara konsisten menghadirkan solusi perbankan dan non-perbankan atau
beyond banking yang relevan bagi para pelaku UMKM. Dari sisi produk dan layanan, Bank terus berinovasi menghadirkan solusi Nyala Bisnis untuk rekening khusus pelaku usaha individu,
TAYTB WOMEN Warriors solusi untuk pelaku usaha wanita, pendanaan online
KTA CashBiz, sampai dengan solusi
cash management dan
trade finance. Baca Juga: BI: Belum semua bank penuhi rasio kredit UMKM Sampai dengan September 2021, Bank OCBC NISP telah menyalurkan kredit senilai Rp 18,5 triliun untuk sektor UMKM. Direktur Bank OCBC NISP, Ka Jit mengatakan, besarnya kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional mendorong mereka secara konsisten berinovasi, tidak hanya sekadar menghadirkan solusi produk dan layanan perbankan, tetapi juga solusi non-perbankan yakni melalui berbagai program pemberdayaan UMKM. "Salah satunya adalah
‘#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat’. Program yang merupakan bagian dari CSR Bank OCBC NISP ini bertujuan untuk meningkatkan skill pengelolaan bisnis di era new normal, mulai dari aspek keuangan, pemasaran, memperluas jaringan bisnis (network), membantu transformasi digital, hingga mendekatkan akses UMKM pada permodalan,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (12/11). Direktur Utama SMESCO, Leonard Theorsabrata mengatakan,
“Program ‘#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat’ diselenggarakan pada momentum yang tepat. Saat ini upaya pengendalian pandemi memberikan dorongan positif terhadap ekonomi Nasional yang mulai berangsur pulih dan daya beli masyarakat yang semakin meningkat.
Baca Juga: Tak hanya di ATM, tarif transfer bank Rp 2.500 juga berlaku di layanan ini Momentum ini perlu kita optimalkan, salah satunya dengan bersama- sama meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital, marketing, branding, financial dan juga funding”. Chief Marketing Officer KG Media dan Chairman of Indonesia Digital Association, Dian Gemiano mengatakan, pemberdayaan UMKM sudah menjadi salah satu fokus kami di KG Media sejak awal masa pandemi melalui program Jagoan Lokal. "Kami berharap kolaborasi Bank OCBC NISP dengan KG Media ini bisa menjadi program yang mengakomodasi semua kebutuhan UMKM untuk menjadi ‘sehat’ dan siap mengembangkan bisnis. Apabila UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional sehat dan berkembang, maka Indonesia pasti bangkit lebih cepat,” ucapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Noverius Laoli