Berikut Tips Cara Mengurangi Susah Tidur Saat Menstruasi



MOMSMONEY.ID - Susah tidur saat sedang menstruasi memang kerap dialami para wanita. Perlu penanganan yang tepat untuk bisa mengurangi rasa nyeri dan membuat kualitas tidur jadi lebih baik. 

Melissa Magdalena, seorang Psikolog Klinis Anak dan Remaja menyampaikan.bahwa gangguan tidur lazim dialami perempuan saat menstruasi. 

"Karena perubahan yang ada di tubuh wanita seperti hormon, aliran darah , suasana hati dan juga ada kecemasan menjelang tidur seperti serta terbangun di malam hari karena pembalut bocor sehingga kualitas tidur terganggu," ungkapnya. 


Hanya saja hal ini tidak bisa dibiarkan. Menurutnya,  waktu dan kualitas tidur yang buruk juga dapat berdampak pada pengaruh emosional, kesehatan mental, dan produktivitas kegiatan remaja yang sedang padat-padatnya.

Baca Juga: Wings Care Membidik Wanita yang Perlu Pembalut Panjang Saat Tidur Malam

Oleh sebab itu, perlu penanganan untuk bisa mengatasinya. Melissa bilang memang tidak sepenuhnya gejala dapat dihilangkan tetapi ada tips yang bisa menambah kenyamanan saat tidur di malam hari. 

Pertama, coba untuk menjaga pola hidup sehat dan merwat diri dengan perbanyak makan buah dan sayuran. Jangan lupa minum air putih kurang lebih 2 liter per hari dan hindari screen time minimal 30 menit sebelum tidur. 

Dirinya juga menyarankan pilih pakaian tidur yang nyaman dan pastikan pembalut bersih dan sesuai ukuran untuk dipakai di malam hari. 

"Istilahnya sleep hygen atau kebersihan tidur. Ini cara paling dasar untuk membuat tidur lebih nyaman. Bisa tambahkan juga wangi-wangian dan redupkan lampu atau gunakan sprei baru," ujar Mellisa saat acara konferensi pers pelucuran Hers Protect 35 Cm beberapa waktu lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha